Akbar , Salah Satu Tokoh Islam Terhebat Dalam Sejarah

Akbar adalah sultan Moghul yang terbesar di India. Cucu Sultan Babur itu telah berhasil menyatukan kembali kerajaan islam di utara India. Akbar berhasil memperluas batas wilayah negaranya dari Kabul dibarat hingga Bihar ditimur yang sebelumnya kerajaan itu terkoyak koyak setelah Babur meninggal pada tahun 1530.

AkbarAkbar adalah sultan Moghul yang terbesar di India. Cucu Sultan Babur itu telah berhasil menyatukan kembali kerajaan islam di utara India. Akbar berhasil memperluas batas wilayah negaranya dari Kabul dibarat hingga Bihar ditimur yang sebelumnya kerajaan itu terkoyak koyak  setelah Babur meninggal pada tahun 1530.

Kerajaan kerajaan tersebut dapat disatukan kembali setelah Akbar menjadi gubernur salah satu wilayahnya pada tahun 1555, dan berhasil memperluass wilayahnya sedikit demi sedikit.

Akbar seorang pemberani, berwatak keras, senang berperang, berburu dan memanah. Pada masa kecilnya, dia lebih mengutamakan berburu daripada belajar, sehingga selama hidupnya dia kurang bisa membaca dan menulis. Walaupun demikian dia meniru sifat kakek dan ayahnya yang sangat suka mendengarkan orang orang yang menuntut ilmu.

Kecintaan Akbar pada perkembangan sastra dan ilmu pengetahuan

Akbar suka membantu perkembangan sastra dan ilmu pengetahuan, dia amat suka dengan hal hal yang cantik. Dia mencurahkan perhatiannya pada buku buku yang mahal walaupun dia tidak dapat membacanya. Di istananya , dia membuat kantor untuk para pelukis dan arsitek, sekaligus memberikan fasilitas yang lengkap untuk mereka. Sehingga dalam masa pemerintahannya yang berumur 50 tahun, mereka dapat meraih perkembangan yang amat menakjubkan dalam dua bidang seni, yaitu seni lukis dan seni arsitektur Moghul.

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Tindakan yang dilakukan oleh Akbar ini merupakan langkah yang sangat berani walaupun banyak ahli fiqih yang tidak menyetujuinya. Setelah beberapa tahun penaklukan Muslim atas India, para pejuang muslim banyak meniru adat istiadat dan pikiran pikiran India. Mereka sangat antusias untuk memahami konsep konsep Hindustan dan menghormati keyakinan mereka. Disamping itu dengan masuknya sejumlah besar orang hindu ke dalam islam, mereka memasukkan tradisi kultus para wali dan ziarah ketempat tempat suci kedalam agam baru mereka.

Dengan demikian mereka tetap menjaga syiar agama hindu dibawah naungan islam. Semua hal tersebut dapat membantu pendekatan antara pengikut berbagai agama di india  dan meyebabkan munculnya bahasa baru yaitu bahasa urdu yang memiliki gramatika india tetapi kosa katanya persia, turki dan arab.

Hubungan Negara negara Islam pada Jaman Pemerintahan Akbar

Tokoh islam terhebat dalam sejarahPada zaman pemerintahan Akbar hubungan dengan negara islam lainnya tumbuh dengan baik, sampai ke negara negara yang terletak disebelah selatan laut tengah, dan negara negara Eropa. Para ilmuwan dan senimannya banyak yang diundang oleh Akbar ke iNdia . Dimanfaatkan pengalaman dan ilmu pengetahuan mereka dalam bidang eknomi, administrasi dan militer diserap oleh Akbar.

Pada zaman pemerintahannya penghasilan negara tumbuh pesat, dan standart hidup rakyat meningkat, berkat politik yang dijalankan oleh para penasehat ekonominya. Disamping itu hasil pajak sewa tanah juga bertambah.

Dari segi penakhlukan wilayah baru, Akbar telah menambahkan beberapa provinsi di India kedalam negaranya, separuh india bagian utara, sehingga wilayah kekuasannya menjadi tiga kali lipat wilayah kekuasaan pemerintahan pada zaman kakeknya. Selain itu, Akbar juga telah meletakkan landasan bagi aturan admnistrasi yang akhirnya berkembang dengan mantap selama masa pemerintahan beberapa khalifahnya, bahkan masih berlangsung puluhan tahun setelah itu dibawah kekuasaan penjajah Inggris di India.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)