Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang – Asmaul Husna

Allah Maha Pengasih – Dialah yang mewariskan segala kasih sayang dan kebaikan bagi seluruh makhluk, disegala zaman, tanpa membedakan antara yang baik dan yang buruk, yang beriman dan yang kafir, yang dicintai dan yang dibenci. Dicurahkan-Nya  karunia tak terbatas kepada seluruh makhluk-Nya.

Ar Rahman الرحمن  berasal dari kata sifat dalam bahasa arab, yang artinya penyayang, pengasih, pecinta.

Bukti bahwa Allah Maha Pengasih terdapat dalam Alquran :

Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu (Q.S. al-Araf [7]:156)

Para ulama telah menafsirkan Ar Rahman sebagai bentuk kehendak Ilahi terhadap seluruh kebaikan, al-iradah al-khayr, yang mengatakan bahwa Ar Rahman الرحمن Seperti halnya Allah adalah nama dari Sang Pencipta dan tidak dapat disifatkan kepada yang lain. Allah berfirman :

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Katakanlah, ” Serulah Allah atu Serulah Ar Rahman الرحمن. Dengan naman mana saja kamu seru, Dia mempunyai nama nama yang paling indah (Q.S. al-Asra [17]:110)

Allah Maha Pengasih dimana Makna kasih sayang berawal dari kebaikan perasaan

Makna yang terkandung dalam kasih sayang berawal dari kebaikan perasaan, rasa sedih dan kepedulian yang dirasakan seseorang ketika dia mengetahui ada orang lain yang tengah mengalami penderitaan. Tekanan rasa sedih tersebut menggerakkan kita untuk menolong orang yang menderita. Namun perasaan iba saja tidaklah memadai. Kasih sayang yang sesungguhnya akan terwujud jika seseorang mampu mengurangi kesedihan dan penderitaan yang tengah dirasakan seseorang.

Allah maha pengasih lagi maha penyayang,  Allah berada diatas itu semua, bahkan dipilih-Nya kasih sayang dan bukan hukuman sebelum Dia menciptakan makhluk. Dia telah menciptakan seluruh makhluk atas dasar kasih sayang-Nya. Segala sesuatu yang ada sejak semula telah dikaruniai dengan kasih sayang.

Dia telah menciptakan seluruh makhluk, termasuk makhluk-Nya yang  tertinggi, manusia, tanpa kekurangan dan murni. Dia telah menganugerahkan kepada makhluk-Nya rahmat yang tidak terbatas. Dengan kasih sayang-Nya, Dia telah menunjukkan bahaya kerugian dan kehancuran. Dia telah memberikan kepada manusia dan hanya kepada manusia, kebebasan untuk memilih antara kebaikan dan keburukan.

Dengan menyebut nama Allah maha pengasih,

Coba Carilah dalam dirimu sendiri cahaya Ar Rahman الرحمن dengan menggunakan kebebasanmu dalam memilih kebaikan bagi dirimu dan bagi orang lain. Rasakanlah penderitaan orang yang tersesat maupun orang yang malang, bukan dengan cercaan, tetapi dengan perasaan iba dan pertolongan, dan berharaplah kepada janji Allah bahwa kasih saayng-Nya jauh melebihi amarah-Nya.

Dengan Menyebut nama Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Ar Rahman الرحمن
Benarkah Allah Maha Pengasih dan penyayang,

Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang- Abu Hurayrah meriwayatkan bahwa Rasullullah SAW bersabda ” Allah yang maha tinggi memiliki seratus bagian rahmat. hanya satu bagian yang dicurahkan-Nya kepada alam semeseta, dibagikan-Nya kepada semua makhluk-Nya. Rasa kasih sayang yang ada pada makhluk-Nya diantara sesama berasal dari bagian itu. Adapun 99 bagian lainnya disimpan-nya untuk hari akhirat ketika Dia akanmemberikannya kepada orang beriman”

Hadis lain yang menggambarkan kehendak dan keinginan Allah untuk memberikan rahmat-Nya kepada makhluk adalah ” Jika ada orang yang tidak membutuhkan dan meminta kepada Allah (akan rahmat-Nya) niscaya Allah akan murka kepada-Nya”

Abd Al-rahman adalah orang yang padanya Allah mengungkapkan rahmat-Nya kepada alam semesta. Setiap anak adam memperoleh kasih sayang  dari Allah Maha Pengasih sesuai dengan potensi mereka. Tak ada yang dikecualikan dari firman Allah Maha Pengasih itu, seperti yang disabdakan Nabi Saw dalam bentuk sebuah hadis ” Allah telah menciptkan manusia dalam bentuk kasih sayang-Nya”

 

Sumber : Blog Allah Maha Pengasih

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)