Asal Bawang Putih dan Sejarah Penggunaannya.

Asal Bawang Putih dan Sejarah Penggunaannya. Bawang putih adalah salah satu obat penting dalam kebudayaan besar dunia, penggunaannya pun telah terebar luas selama ribuan tahun yang dibuktikan dengn catatan tertulis mapun artefak yang ditemukan pada makam makam kuno. Bawang putih yang terkenal adalah bawang putih ransum atau rams garlic, karena baunya menyengat dan bertahan lama.

Asal Bawang Putih – Asal usul Nama bawang putih

Asal Bawang Putih – Asal usul nama bawang putih atau garlic.

Gar diperkirakan berasal dari kata inggris kuno yang berarti ujung tombak dan kata lic berarti umbi atau bakung. Garlic kadang dinamakan Allium Sativum, Allium berasal dari kata All yang dalam bahasa celtic berarti bau tidak sedap sedang sativum berarti tumbuh.

Manfaat bawang putih – Bawang putih diyakini dapat mengobati luka gigitan binatang seperti tikus celurut atau mencit serta sengatan kalajengking dan ular, ada kepercayaan bawang putih selain menetralisir efek racun juga membantu pengeluaranya dari dalam tubuh. Kedua aksi ini dalam bahasa latin dinamakan thieracus atau antidote, dalam penggunaan sehari hari berubah menjadi treacle, sehingga garlic sering disebut poormans treacle.

Nama lain garlic yang bersifat magis dan penuh misteri diantaranya adalah the devil posy, poor man’s camphor, witches’poison, the fruit of love , the stinking rose. Semua nama nama tersebut berasal dari mitos dan legenda yang telah berkembang ribuan tahun dimana bawang putih telah digunakan.
Asal Bawang Putih – Bawang putih dari masa ke masa

Asal Bawang Putih – Bawang putih di Cina dan Mesir

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Asal Bawang Putih  – Kemungkinan besar bawang putih berasal dari suatu hutan misterius yang terletak diantara bagian utara dan barat dataran cina. Dikaki bukit yang terletak antara Pamir dan Tsien Shan (gunung surga) . Kedua puncak ini merupakan pintu gerbang cina dengan daerah asia lainnya, dengan satu satunya jalan curam menuju ke afganistan dan mengarah ke barat. Setiap tahun kaskade salju yang ada ditempat tersebut mencair dan mengalir kekaki bukit yang membatai suatu dataran luas yang terbentang pada gurun Lop Nor. Pada daerah ujung aliran air tersebut terjadi deposisi butiran karang aluvial halus yang kaya akan mineral sehingga membuat daerah tersebut menjadi subur dengan banyak oasis.

Bawang putih dipercaya selalu tumbuh di daerah ini. Budidaya bawang putih diperkirakan tersebar dari daerah ini ke rusia selatan, kemudian ke India pada tahun 3000 SM . Pada sekitar 700 SM orang cina mulai membawa sutera ke Yunani yang sedang berkembang dan makmur, pada saat itu diduga ikut pula iring iringan unta dan yak yang membawa bawang putih serta rempah rempah lain, seperti jahe. Oasis pada daerah cina barat laut dimana bawang putih dibudidayakan adalah jalur sutera , jalur perdagangan dari cina ke eropa.

Bawang putih merupakan bahan penting dalam budaya cina, dalam dunia kedokteran cina bawang putih merupakan salah satu komponen dari campuran tumbuhan obat yang ampuh. Umur panjang merupakan keuntungan terbesar yang dipercaya orang orang cina kuno dari konsumsi bawang putih.

Kata mutiara cina kuno bahkan mengatakan bahwa “Jika usiamu sudah 50 tahun dan kamu memakan bawang putih selama 50 hari maka kamu akan hidup selama 50 tahun lagi”

Asal Bawang Putih dan Sejarah Penggunaannya.

Bawang putih digolongkan sebagai pemanas dan karenanya digunakan untuk menganggulangi penyakit yang bersifat dingin seperti tumor, tangan dingin dan kulit lembab, sekrei mukus, rematik, batuk, pilek. Bawang putih digunakan juga untuk melawan parait internal dan eksternal seperti cacing tambang dan tungau pada manusia. Orang cina sangat percaya bahwa bawang putih berperan pada sebagian besar penyakit manusia, baik sebagai penyembuh maupun pencegah penyakit.

Kalo kita memperhatikan secara seksama,sebagian orang cina juga menganggap bawang putih bisa membantu mereka mengusir ssetan dan roh jahat.

Orang sumeria dan Babilonia (4000 SM) juga telah menggunakan bawang putih untuk mengobati penyakit lepra epidemi kolera dan tifoid.

Pada sejarah mesir kuno terdapat bukti tertulis pertama. Suatu spesies bawang putih merupakan tumbuhan asli di daerah delta sungai Nl yang tanahnya kaya akan aluvial. Bawang putih dikenal dapat menaikkan stamina dan kekuatan, bahkan dikisahkan punya hubungan dengan pembangunan piramid aagung Cheops di Gizeh.

Dikisahkan para pekerja mendapatkan makanan yang relatif baik, bawang putih, bawang merah serta lobak sebagai ransum, Karena suatu alasan pada suatu hari suplai bwang putih terhenti dan reaksinya terhadap para tenaga kerja jelas dan segera mereka berhenti bekerja. Para pekerja percaya bawang putih dan merah memberikan kekuatan dan stamina serta melindungi mereka dari penyakit dan demam, selain itu para pekerja juga sadar bahwa makan bawang putih secara teratur akan menghindarkan diri dari gigitan serangga seperti nyamuk dan karenanya ( tanpa mereka sadari )mencegah malaria serta penyakit 2 lainnya.

Orang mesir jaman dahulu juga mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk pasta, dioleskan pada daerah gigi yang sakit untuk menghilangkan nyeri.

Penyelidikan saat ini terhadap gigi geligi mumi mesir menunjukkan adanya bukti abses serta erosi gigi yang berat, dan diperkitakan akan sangat mnyekitkan dan bisa menimbulkan kematian jika tidak segera diobati.

Pada masyarakat Mesir terdapat juga tradisi menguburkan mayat dengan menyertakan makanan , pakaian serta keperluan hidup lainnya , dengan keyakinan bahwa setelah mereka meninggal mereka akan hidup dengan gaya yang sama seperti masa hidupnya.

Pada kuburan mesir dari tahun 500 SM telah dijumpai patung tanah liat berbentuk bawang putih bersama dengan gandum, olive serta kurma, denagan demikian dipastkan bahwa bawang putih merupakan makanan pokok seperti lainnya.

Didalam papirus Eber yang terkenal , ditulis pada tahun 1500 SM dikatakan bahwa bawang putih merupakan obat penting untuk jantung, tumor, serta gigitan binatang seperti serangga. Sekitar 30 buah resep juga dijumpai dalam tulisan tersebut, mengandung antara lain bawang putih sebagai salah satu komponennya.

Begitulah mula pertama pemanfaatan bawang putih di Cina dan mesir, akan ada lagi mula pertama bawang putih di Yunani, romawi dan eropa akan ditulis berikutnya…

Sumber : Asal Bawang Putih

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)