Benjamin Franklin Pejuang Kemerdekaan Amerika Serikat

Benyamin FranklinDengan berbekal sedikit uang dan pengetahuan tentang percetakan , Benjamin meninggalkan kotanya menuju New York. Sesampainya di New york Benjamin Franklin mengetahui bahwa kota itu tidak menerimanya. Segera terlintas untuk melanjutkan cita cita lamanya yaitu berlayar, namun niat itu diurungkan dan ia mencari alternatif kota lain. Pilihannya jatuh pada kota Philadelphia.

Pada awalnya Benjamin Franklin  bercita cita menjadi seorang pelaut, tetapi ditentang oleh sang ayah Josiah Franklin karena ayahnya tak ingin kehilangan seorang anak lagi setelah kakak Benjamin Franklin  berlayar.

Untuk meredam keinginan sang anak, Josiah menjadikan Benjamin Franklin  sebagai pembatunya sebagai pembuat sabun dan lilin. Tidak lama bekerja Benjamin mengutarakan kembali niatnya untuk menjadi pelaut lagi. kembali sang ayah menghalangi niatnya, dan mengusulkan agar benjamin bekerja pada kakak tertua James, sebagai redaktur di percetakan yang dipimpin oleh James.

Jabatan redaktur pada saat itu adalah jabatan yang terhormat, Benjamin Franklin  bercita cita untuk menjadi redaktur yang berhasil. Namun James adalah seseorang yang keras dan kasar Benjamin sering mendapatkan tugas secara terus menerus tanpa istirahat. Dengan pola kerja seperti itu Benjamin Franklin  mendapatkan banyak ilmu dipercetakan.Segera benjamin menyandang sebagai ahli cetak, tapi James tetap memperlakukan Benjamin Franklin  dengan keras. Tetapi benjamin sangat mencintai pekerjaannya.

Suatu hari Benjamin Franklin  dapat membuat sebuah karangan yang bagus,  sebagus karangan yang ia cetak setiap harinya. Menyadari hal itu benjamin kemudian memasukkan karangan tersebut ke surat kabar THe New England Courant dimana james menjadi penerbitnya. THe New England Courant adalah salah satu dari tiga surat kabar yang terbit di Amerika pada saat itu. James franklin adalah orang yang sangat kasar tapi dia sangat menyukai artikel yang dibuat oleh Benjamin, Namun benjamin berhasil memasukkan tulisannya tanpa diketahui olejh James dan karangan tersebut dibuat seolah olah oleh pengarang terkenal yang tidak diketahui namanya. Ayahnya akhirnya mengetahui tindakan Benjamin Franklin dan memintanya untuk menghentikan tindakannya ini.

Awal pertemuan Benyamin Franklin dengan Deborah Read istrinya

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Perjalanannya menuju Philadelphia adalah perjalanan yang berat. Dengan tidak berbekal uang Benyamin Franklin

sering melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Beberapa kali ia harus mengaku sebagai seorang budak untuk menyelamatkan diri. Akhirnya ia menemukan kapal yang akan menuju Philadelphia.Karena tidak memiliki uang untuk membeli tiket Benyamin Franklin menjadi buruh dan ia diterima bekerja dibagian pompa. Dengan kondisi badan lelah, pakaian compang camping dan perut lapar. Benyamin Franklinsampai di kota Philadelphia. Sesampai didarat ia membeli roti seharga 3 sen dollar dan ia tidak menduga akan mendapat tiga gulung roti besar besar. Ia kemudian mengepit roti gulung tersebut dibawah ketiaknya karena saku bajunya telah terisi oleh barang barang bawaannnya. Sepotong roti ia makan sambil berjalan dan itu merupakan pemandangan lucu bagi seorang gadis kecil. Gadis kecil itu bernama Deborah Read yang akhirnya menjadi istrinya setelah masa perkenalan selama 7 tahun.

Di Philadelphia benjamin memulai kehidupannya dengan bekerja keras dan tidak melupakan kesenangannya untuk selalu belajar. Sering ia tidak makan karena uangnya ia habiskan untuk membeli buku. Upaya keras yang dilakukannya membuahkan hasil, pada usia 20 tahun Benjamin Franklin sudah memiliki sebuah perusahaan surat kabar. Surat kabar itu THe Philadelphia merupakan surat kabar terbaik di koloni Inggris.

Kesuksesan The Philadelphia disebabkan banyak pembaharuan pembaharuan yang dilakukan Benyamin Franklin dalam pengelolaan penerbitan surat kabar. Pembaharuan yang dilakukan terutama pada bidang keredaksian, sehingga berita berita yang dimuat THe Philadelphia selalu baru dan hangat. Perubahan ini menjadikan The philadelphia mempunyai banyak peminat. Inovasi baru yang dilakukan adalah dengan memasukkan iklan ke dalam surat kabar.

Perusahaan Benyamin Franklin membuat penerbitan famplet dan brosur brosur sebagai pengganti buku. Brosur terbitan Benjamin Franklin berisikan masalah masalah politik dan hak asasi didaerah koloni. Pada masa itu buku merupakan barang yang berharga karena mahal harganya.

Kiprah Benyamin Franklin dalam Dunia Politik

Benyamin Franklin bersama sama temannya kemudian membentuk perkumpulan yang diberi nama “Junto” atau “Leather Apron”, Bila berkumpul tiap anggota diwajibkan membawa buku terbaru yang mereka miliki, kemudian mendiskusikannya secara bersama, selanjutnya saling bertukar buku. Akhirnya mereka menyadari bahwa hanya anggota kelompok saja yang dapat membaca buku, mereka mulai medirikan perpustakaan untuk umum sehingga kesempatan untuk membaca terbuka luas untuk masayrakat umum.

Setelah perpustakaannya berkembang, Benyamin mulai mendirikan perusahaan pemadam kebakaran, perusahaan asuransi kebakaran, selanjutnya Benyamin franklin mengupayakan pendirian Rusah sakit Umum, dan itu merupakan RSU pertama di Amerika.

Tahun 1737 Benyamin franklin diangkat menjadi kepala kantor pos Philadelphia. Karirnya naik menjadi Dirjen Pos, ia mulai memperbaiki sistem pos dari sistem pengiriman melalui kuda yang harus menempuh jarak berpuluh puluh mil dan sangat lama, menjadi sistem perangko. Biaya pos menjadi murah hingga akhirnya sistem ini menjadi dasar dari sistem pengiriman pos yang murah dan dipergunakan sampai sekarang.

Semakin bertambahnya usia , minat Franklin berkembang ke segala bidang. Ia tidak kaku dan puas diri akan kesuksesan yang diperolehnya, tetapi dengan jujur dan rendah hati Benyamin franklin mengelola segala aktivitasnya. Hal ini bukan disebabkan oleh ambisi pribadi, tetapi karena ia mencintai kehidupan, mencintai sesama manusia dan ia ingin mengetahui segala sesuatu tentang kehidupan manusia. Sebagian hidupnya dihabiskan dengan belajar. Ia belajar mandiri bahasa perancis, bahasa italia, bahasa spanyol dan bahasa latin agar ia bisa membaca semua buku. Benyamin franklin juga memiliki keahlian bermusik, Seperti juga ayahnya ia dapat memainkan harpa, biola dan gitar. Ia juga senang bermain catur dan bercerita.

Benyamin franklin menyadari perusahaan penerbitannya banyak menyita waktunya dan dapat diserahkan kepada partnernya. Benyamin franklin mulai menekuni bidang ilmu pengetahuan. Melakukan penyelidikan, percobaan dan penelitian. Ia mulai merintis bercocok tanam yang sesuai dengan iptek. Ketika ia mulai panen para petani tercengang dengan hasil panen yang diperolehnya dari tanah yang gersang. Ketika melihat sarang semut ia mengamatinya dalam waktu yang lama, kemudian hasil pengamatan dipaparkannya kepada para ilmuwan, selanjutnya mereka melanjutkan pengamatan franklin tentang semut. Benyamin franklin juga menemukan cara untuk menarik listrik dari langit dengan menggunakan tali rami, layang layang sutera dan anak kunci rumahnya. Dari temuan ini Benyamin franklin menyatakan bahwa kilat dan guntur merupakan arus listrik yang terdapat diudara. Perkembangan selanjutnya listrik yang diungkapkan oleh Franklin berkembang menjadi berbagai alat bantu manusia yang vital.

Benyamin franklin yang menyukai kebebasan mulai terjun ke dunia politik. Benyamin franklin memulainya dengan menyusun naskah persatuan yang dikenal dengan “The Albany Plan of Union”. Naskah ini menjadi dasar dari pergerakan kemerdekaan Amerika

Hubungan Inggris dengan daerah koloni semakin panas. Benyamin franklin diutus untuk member pemahaman pada pemerintah inggris agar lebih dapat mengerti tentang kesulitan kesulitan yang dialami daerah koloni. Selama 10 tahun di Inggris dengan penuh kesabaran Benyamin franklin melaksanakan tugasnya. Walaupun banyak pejabat inggris yang memahami akan tetapi Raja George III bersama beberapa penasehatnya bersikeras untuk tidak menerima tuntutan koloni, Akhirnya dengan terpaksa Benyamin franklin kembali ke Philadelphia dan menyiapkan pergerakan. Benyamin franklin sebenarnya adalah orang yang cinta damai dan tidak menyukai perang, tetapi kali ini ia terpaksa melakukannya.

Ketika itu Benyamin Franklin telah berusia 69 tahun, namun ia ditunjuk menjadi anggota The Second Continental Conggress yang memiliki banyak tugas. Benyamin Franklin mulai mengorganisir Angkatan darat dan laut dan menggalang dana untuk pergerakan tersebut.

Bersama dengan Thomas Jefferson , John Adams, Roger Sherman, Robert R. Livingston, Franklin diangkat menjadi panitia penyusun Deklarasi Kemerdekaan.

Perang yang terjadi tidaklah menguntungkan pihak koloni, mereka terus menderita kekalahan dan rakyatpun makin sengsara. Upaya mencari bantuan terus dilakukan , Kemudian Benyamin Franklin menuju ke Perancis, walaupun usianya telah lanjut Benyamin Franklin tetap menerima tugas tersebut. Orang orang daerah koloni tahu akan kemampuan Benyamin Franklin dalam bernegosiasi. Mereka memahami betul bakat Franklin untuk menjadi seorang Diplomat Ulung dan mereka yakin bahwa Benyamin Franklin akan memperoleh apa yang mereka butuhkan. Dengan Franklin menjadi duta Amerika untuk Perancis, Franklin dapat memperoleh bantuan yang sangat besar. Perancis mengirimkan bantuan tentara , perbekalan dan pertukaran tawanan perang.

Tahun 1783 Perang berakhir dan Benyamin Franklin adalah salah seorang penandatangan naskah perdamaian. Dua tahun kemudian Jefeerson dikirim ke Perancis untuk menggantikan tugas Franklin. Ketika Jeferson menuju ke Perancis, ia ditanya ? “Apakah ia akan menggantikan kedudukan Franklin?” Tidak ada yang mampu menggantikan kedudukannya, saya hanya menjadi penerusnya” Demikian jawab Jefferson.

Benyamin Franklin hanya dapat hidup 5 tahun di Amerika negaranya sendiri. Ia telah mempersembahkan sebagian hidupnya untuk negara dan berjuang dinegara lain. Masa tua dijalaninya dengan sakit yang terus menerus sampai maut memanggilnya diusia 84 tahun. Benyamin Franklin meninggal pada 7 April 1790 dirumah putrinya di Philadelphia.

Salah satu tindakan terakhir yang ia lakukan demi kepentingan umum adalah sebuah surat kepada konggress. Surat itu berupa permohonan agar konggres menghapuskan perbudakan. Ia menilai bahwa perbudakan tidak akan menguntungkan Amerika dimasa mendatang. Benyamin Franklin telah menilai jauh kedepan, sebelum orang lain sempat berpikir kearah sana…………

Demikianlah kisah kecil Benyamin Franklin…

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)