Berbagai Informasi Untuk Menjaga Kesehatan seksual kita….

Kesehatan seksual

Kesehatan seksual adalah mencakup pengembangan dan pemeliharaan seksualitas yang sehat serta pencegahan disfungsi seksual.

Dalam rangka menjaga Kesehatan seksual, Apakah perlu membersihkan bagian tubuh yang paling pribadi tiap hari

Ya. Idealnya, orang seharusnya setiap hari membersihkan bagian tubuhnya yang paling pribadi. Tindakan ini memastikan kebersihan bagian tubuh itu, membuatnya semakin sadar dan nyaman terhadap bagian penting itu. Dengan menyingkirkan keslahpahaman bahwa menyentuh –nyentuh bagian tubuh yang paling pribadi itu tabu. Kegiatan ini juga memungkinkan diketahuinya penyakit diaerah itu, bila ada, secara dini dan mencegah berkembangnya berbaga infeksi kulit.

Pada artikel kesehatan seksual pria disebutkan informasi kesehatan seksual pria dimana  Lelaki juga harus membersihkan alat vitalnya setiap hari, terutama untuk yang tidak disunat dengan membuka kulup yang menutupi glans penis-nya (kepala penis). Perempuan harus membersihkan vaginanya dengan arah dari dalam keluar, untuk mencegah kotoran dari luar masuk ke dalam vagina atau saluran kencing. Berikut ini akan dibahas tentang kesehatan seksual pria dan wanita.

Untuk Merawat Kesehatan seksual , apakah perempuan harus menggunakan penyemprot vagina atau deodoran

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Tidak, itu tidak diperlukan. Kenyataanya tindakan itu malah bisa menimbulkan iritasi, radang dan mungkin meningkatkan resiko infeksi karena berubahnya keadaaan alamiah di vagina. Seringkali perempuan menggunakan deodoran untuk menutupi bau vagina yang tidak sedap (bisanya karena infeksi). Penyebabnya harus ditemukan dan diobati dengan cara yang semestinya.

Bolehkan berhubungan seks pada saat menstruasi

Berhubungan seks pada saat menstruasi tidak akan mengganggu kesehatan seksual pria dan wanita . Tentu saja boleh. Seks selama menstruasi mutlak aman.Kalau keduanya menghendaki persetubuhan sangat boleh dilakukan.Banyak perempuan yang percaya bahwa senggama pada saat menstruasi akan menyebabkan makin banyaknya pendarahan. Memang bayak perempuan yang melaporkan ttg lebih banyaknyapendarahan, tetapi durasinya seringkali lebih pendek dan kontraksi ritmis yang terjadi dirahim pada saat mencapai orgasme akan mempercepat keluarnya menstruasi. Faktanya , hubungan seks pada waktu menstruasi yang memuaskan itu mengurangi kejang kejang dan menyingkirkan perasaan tak nyaman sebagai akibat kurang lancarnya menstruasi.

Sejumlah dokter menganjurkan digunakannya kondom, terutam bila pihak wanita tak rajin membersihkan alat kelaminnya. Cairan menstruasi sangat mungkin menjadi tempat yang menyenangkan untuk sejumlah bakteri karena letaknya begitu dekat dengan anus, sehingga bisa mengakibatkan peradangan pada saluran kencing bagi pihak laki laki.

Bagaimana seharusnya seorang wanita melaukan pemeriksaan sendiri terhadap payudaranya – Comments artikel tentang kesehatan seksual wanita

Kesehatan seksual wanita sangat mutlak untuk diperhatikan, Hampir semua kelainan yang terjadi pada payudara pertama tama dideteksi oleh pemiliknya sendiri. Deteksi kanker payudara pada tahap awal, bila dilokalisir, sangatlah penting karena jika disembuhkan sejak dini , kanker tersebut bisa disingkirkan secara menyeluruh. Karena itu perlu ditegaskan pentingnya pemeriksaan sendiri setiap bulan terhadap payudara  sebagai kebiasaan bulanan bagi perempuan yang berusia diatas 20 tahun.

Hal ini seharusnya dilakukan kira kira pada jam yang sama, setelah datangnya siklus bulanan, ketika pada umumnya payudara bersifat nodular.

Orang yang berangkutan harus mencari kemungkinan terjadinya perubahan dengan membandingkannya pada pemeriksaan bulan sebelumnya. Pemeriksaannya bisa dilakukan dengan cara berikut , memeriksa dahulu payudara yang sebelah, mula mula dengan mengamati lalu meraba.

Mengamati Payudara untuk melihat ada tidaknya masalah kesehatan seksual pada wanita

1. Mulai dengan duduk atau berdiri didepan cermin dengan lengan tergantung santai disamping tubuh. Carilah perubahan pada ukuran dan bentuk payudara, perubahan pada kulit dan puting.

2. Lalu, carilah perubahan yang terjadi bila anda mengangkat kedua tangan

Tindakan mengamati sudah selesai. Sekarang orang yang bersangkutan bisa memulai tahap perabaan payudara, untuk mencari apakah ada benjolan atau penebalan.

Majalah kesehatan seksual pria dewasa
Meraba payudara – kesehatan seksual dan reproduksi wanita

1. Tidur telentang dengan bantal menyangga bahu sebelah kiri, dengan lengan kiri menyangga kepala. Dengan menggunakan jari jari pada tangan kanan – rapatkan jari jari hingga rata – tekan payudara kiri bagian atas dengan lembut namun mantap dengan gerakan memutar sedikit sedikit untuk merasakan bagian dalam payudara. Perabaan ini dimulai dari tulang payudara dan bergeser kedepan hingga mencapai puting .

2. Dengan cara yang sama , periksa bagian dalam bawah payudara kiri. Dalam daerah ini mungkin teraba jaringan otot yang lembut , ini normal .

3. Kemudian , geser tangan ke bagian samping bawah, masing menggunakan jari jemari, rasakan dibawah ketiak.

4. Sesudah itu , periksa payudara bagian atas sisi luar, dari puting sebagai batasnya hingga ke bagian atas dengan cara yang sama .

5. Yang terakhir, dengan penekanan lembut yang sama periksalah bagian sisi luar payudara, dimulai dari bagian luar hingga ke puting.

Ulangi cara yang sama pada payudara kanan untuk melengkapi pemeriksaan ini. Ini adalah informasi lengkap kesehatan seksual wanita yang wajib untuk diperhatikan.

Jika terjadi perubahan dalam bentuk apapun, jgn terlalu gugup, tak selalu benjolan merupakan gejala kanker. namun yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan evaluasi yang lengkap dan tepat tentang kondisinya. Kanker payudara sudah bisa disembuhkan dan diagnosisi dini akan bisa membereskan semua masalah dalam kasus ini.

Pemeriksaan sendiri terhadap payudara harus dikembangkan sebagai upaya menjaga Kesehatan seksual sekaligus kebiasaan sehat dan seharusnya diteruskan seumur hidup.

Sumber :Kesehatan seksual blog dan artikel Kesehatan seksual

Comments

comments

One Response

  1. wibowo nurcahyo November 11, 2014 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)