Berita Motor – Keunggulan ACG Starter Pada Motor Honda

Berita Motor  – Honda merupakan salah satu ATPM terbesar yang ada di Indonesia dengan produk-produk sepeda motor yang canggih serta berkualitas tinggi. Sebagai ATPM terbesa, Honda selalu memiliki inovasi teknologi sepeda motor terkini yang terdepan dan canggih. dimana baru-baru ini Honda memperkenalkan sebuah teknologi yang disebut ACG Starter (Alternating Current Generator) yang akan diterapkan untuk produk-produk Motor Honda terbaru selanjutnya.

Berita Motor honda terbaru

Berita Motor honda

Tentang apa itu teknologi ACG yang telah diciptakan oleh Honda? Mari kita simak pembahasan tentang Berita Motor teknologi honda terbaru ini. Teknologi ACG dapat dikatakan sebagai fitur baru pengganti teknologi electric starter motor honda yang lawas. Dimana electric starter motor honda lama masih menggunakan dinamo konvensional yang sering menimbulkan suara berisik saat dinyalakan. Nah, dengan adanya teknologi ACG ini semua masalah yang sering timbul karena dinamo starter di sepeda motor honda kini sudah teratasi. Bahkan dengan menggunakan teknologi ACG ini, starter motor tidak akan bersuara sama sekali saat dinyalakan. Dan selanjutnya kita jelaskan terlebihdahulu mengenai fitu terbaru sepeda moto honda yang canggih ini.

Berita Motor Honda Terbaru Tentang Keunggulan ACG Starter

Perlu diketahui bahwa fitur ACG starter ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan teknologi dinamo starter yang lawas. Dan berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh teknologi ACG starter yang diciptakan oleh Honda.

  • Memebuat irit pemakaian BBM pada sepeda motor.
  • Sekaligus sebagai dinamo pengisian aki motor.
  • Menyalakan motor tanpa menimbulkan bunyi dan getaran.
  • Mudah dalam perawatan serta lebih awet.

Penjelasan Singkat Tentang Apa Itu ACG Starter

Dapat dijelaskan bahwa sistem starter ACG yang dimiliki Honda adalah fitur canggih yang mewakili dua fungsi alat sekaligus. Dimana ACG terdiri dari fungsi Alternator yang digunakan sebagai alat pengisian Aki sekaligus juga dapat berfungsi sebagai starter elektrik yang biasa digunakan untuk menyalakan mesin sepeda motor. Sehingga teknologi baru ini diberi nama Alternating Current Generator (ACG).

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Pada mulanya Teknologi ACG Starter ini diterapkan pada motor Honda PCX 125, dan sekarang ini sepeda motor honda Vario Techno 125 ISS juga telah megadopsi teknologi ACG ini. Sehingga dengan teknologi ACG yang canggih ini memungkinkan Honda untuk menerapkan system ISS (Idling Stop System) pada sepeda motor Honda. Dan tentang apa itu teknologi ISS Anda dapat membacanya pada ulasan mendatang tentang berita motor terbaru honda dan kecanggihan teknologi ISS yang dimiliki Motor Honda terbaru.

Jika fungsi ACG ini adalah sebagai alat yang bertugas menyalakan mesin motor, maka istem ISS yang dimiliki Honda justru berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat kondisi putaran mesin idle. dan pada prinsipnya kedua fitur tadi memungkinkan efisiensi energi yang tinggi pada sepeda motor honda terbaru.

Penjelasan Singkat Tentang Teknologi Starter Konvensional

Sistem ACG starter sangat berbeda dengan sistem starter jenis lama yang masih meggunakan  sistem sliding gear yang sering menimbulkan bunyi berisik, getaran serta hentakan yang cukup keras saat digunakan untuk menyalakan mesin sepeda motor selain itu dinamo yang dibunakan masih menggunakan brush karbon yang cepat habis dan mengakibatkan motor starter tidak dapat bekerja sebelum dilakukan penggantian brush karbon.

bahkan pada sistem starter yang masih menggunakan dinamo konvensional, biasanya menggunakan dua buah gir besar dan kecil yang saling bergesekan saat berputar sehingga menimbulkan suara berisik saat menyalakan mesin sepeda motor.

Gambar sistem kerja ACG starter :

berita motor baru

Teknologi starter sepeda motor tanpa suara

Gambar sistem kerja dinamo starter konvensional dengan sliding-gear system :

berita motor gp - elektrik starter konvensional

Berita Motor terbaru – Cara Kerja ACG Starter Motor Honda

Saat kita menyalakan motor, maka sistem ACG akan berubah menjadi fungsi menjadi dinamo starter. Karena cara kerja ACG adalah saat kita tombol starter dipencet maka arus listrik dari aki akan mengaliri stator coli yang ada diantara flywheel yang memiliki magnet tetap, sehingga sistem ACG bekerja dan flywheel berputar menggerakkan piston yang ada didalam mesin hingga terjadi pembakaran dan mesin sepeda mootr menyala. Selanjutnya disaat mesin motor sudah menyala dan tombol starter motor berhenti ditekan, maka ACG akan berubah fungsi sebagai dinamo pengisian yang akan mengalirkan arus listrik ke Aki sepeda motor. Karena stetelah mesin motor menyala dan memutar flywheel, maka magnet yang ada pada flywheel tersebut akan menginduksi stator yang berisi coil atau gulungan kawat tembaga sehigga menghasilkan arus listrik.

Pada contoh kasus sistem ACG starter dapat kita temui pada sepeda motor Honda Vario Techno 125 ISS terbaru, dimana sistem starter yang dimiliki oleh Vario Techno 125 ISS ini telah menggunakan teknologi ACG starter yang bekerja sangat halus dan efisien.

ifo teknologi motor baru

Pada sistem ACG motor honda vario techno memiliki 12 kutub magnet permanen yang menempel pada flywheel serta 18 spul atau kumparan pada stator yang terdiri dari kutub magnet tidak tetap dan masih terbagi lagi menjadi 3 bagian fungsi kumpraan seperti gambar berikut ini.

cara kerja starter motor elektrik sepeda motor honda ACG

ketika kita menyalakan mesin seped motor maka otomatis komponen ACG akan mengalirkan arus listrik, yang selanjutnya arus listrik tersebut diolah oleh FET Circuit yang terdapat pada ECM (Electronic Control Module) dan seterusnya di salurkan lagi ke beberapa komponen yang dibagi menjadi 3 bagian tadi, kemudian stator akan menjadi magnet listrik dan bertolakan dengan magnet tetap yang ada di flywheel hingga terjadi putaran pada mesin.

Sementara pada saat mesin sudah berjalan, secara otomatis arus listrik yang menuju stator akan dihentikan oleh ECU atau ECM. Ketika itu komponen ACG telah berubah menjadi Generator AC yang digunakan untuk mengisi baterai atau Aki motor, yang sebelumnya arus listrik telah melalui regulator dan menjadi arus DC. Karena sistem kerja Aki motor menggunakan Arus DC.

Sehingga dengan cara kerja ACG starter pada motor honda yang seperti itu, maka dijamin proses menghidupkan mesin sepeda motor menjadi semakin halus dan tidak bersuara. Karena komponen ACG tidak menggunakan roda gigi tambahan layaknya sistem starter sepeda motor konvensional.

Sehingga wajar disaat menyalakan sepeda motor kita kidak merasakan adanya hentakan dan getaran mesin diawal start, dan tahu-tahu mesin motor sudah menyala. Dan oleh sebab itulah kenapa sistem ISS pada sepeda motor honda dapat diterapkan.

Nah, demikian tadi sedikit informasi tentang Berita Motor Honda dengan Teknologi ACG Starter yang canggih sebagai pengganti sistem starter sepeda motor yang lama. Semoga bermanfaat dan trimakasih atas kunjungannya.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)