Faktor Penyebab Kanker – Informasi Seputar Kanker dan Tumor

FAKTOR PENYEBAB KANKER – Informasi Seputar Kanker dan Tumor yang perlu kita ketahui.

Kanker adalah suatu penyakit di mana terjadi pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, cepat, dan tidak terkendali. Sel-sel kanker akan terus membelah diri, terlepas dari pengendalian pertumbuhan, dan tidak lagi menuruti hukum-hukum pembiakan. Bila pertumbuhan ini tidak cepat dihentikan dan diobati maka sel kanker akan berkembang terusSel kanker akan tumbuh menyusup ke jaringan sekitamya (invasif), lalu membuat anak sebar (metastasis) ke tempat yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Selanjutnya akan tumbuh kanker baru di tempat lain sampai akhimya menyebabkan kematian penderitanya.

Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri bila tubuh membutuhkannya seperti mengganti sel-sel yang rusak atau mati. Sebaliknya, sel kanker akan membelah diri meskipun tidak dibutuhkan sehingga terjadi kelebihan sel-selbaru. Kanker dapat tumbuh di semua sel jaringan tubuh, seperti sel kulit sel hati, sel darah, sel otak, sel lambung, sel usus, sel paru, sel saluran kencing dan berbagai macam sel tubuh lainnya. Oleh karena itu, dikenal bermacam-macam jenis kanker menurut sel atau jaringan asalnya. Keadaan ini yang menyebabkan adanya perbedaan kecepatan pertumbuhannya maupun reaksi terhadap pengobatan.

Jenis jenis kanker

Jenis jenis kanker antara lain : karsinoma, sarkoma, limfoma (neo-plasma sistem limfatik) atau leukemia (neoplasma ganas sel darah putih). Karsinoma merupakan tumor ganas yang berasal dari sel epitel, misalnya kanker payudara, kanker kulit, dan kanker lambung. Adapun sarkoma merupakan tumor ganas yang berasal dari jaringan mesodermal, misalnya fibrosarkoma (tumor ganas jaringan ikat), limfosarkoma (tumor ganas sistem limfatik), dan osteosarkoma (tumor ganas pada tulang).

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Penyakit kanker tidak pandang bulu bias menyerang siapapun pada semua golongan umur, tanpa memandang jenis kelamin kebangsaan. Namun demikian, kanker lebih sering menyerang manusia yang berusia lebih dari 40 tahun.

Jenis kanker tertentu dapat lebih banyak mengenai golongan tertentu pula.

Meski kanker sama sekali tidak menular, tetapi ada faktor penyebab yang dapat ditularkan, misalnya virus hepatitis B dan C. Kedua virus tersebut menular diketahui bisa menyebabkan kanker hati. Beberapa tipe kanker diturunkan karena adanya mutasi dari gen spesifik yang akan diturunkan dari orang tua/kepada anaknya. Kejadian tersebut bisa terlihat pada beberapa penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker kolon dan melanoma. Adanya mutasi dari dua gen yang spesifik pada kanker payudara, yaitu BRCA-1 dan BRCA-2, dapat dicari pada DNA darah manusia. Dari test ini dapat diketahui adanya ke-mungkinan seorang perempuan bisa terkena kanker payudara pada usia yanglebih dini, yaitu sebelum berumur 40 tahun.

Tumor adalah istilah umum yang digunakan untuk segala pembengkakan atau benjolan yang disebabkan oleh apa pun, baik oleh pertumbuhan jaringan baru maupun adanya pengumpulan cairan seperti kista atau benjolan yang berisi darah akibat benturan. Namun, istilah tumor umumnya digunakan untuk menyatakan adanya benjolan yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan baru, tetapi bukan radang. Oleh karena itu, dikenal istilah tumor jinak dan tumor ganas (maligna, mallgnanfl yang berarti kanker.

Tumor jinak tumbuhnya lambat, setempat (lokal), tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh serta jarang mengganggu kesehatan.

Faktor Faktor Penyebab Kanker yang perlu kita waspadai

penyaKanker apakah keturunan

Apa faktor penyebab kanker – Faktor-faktor Penyebab Kanker (Karsinogen) Sampai saat ini, penyebab kanker belum diketahui pasti. Ada banyak faktor penyebab yang dapat menimbulkan kanker pada binatang percobaan. Namun, hal ini belum sepenuhnya dapat dibuktikan pada manusia, Walaupun patut mendapat perhatian. Gaya hidup modern dewasa ini juga dapat meningkatkan risiko pertumbuhan kanker. Misalnya saja kebiasaan merokok, konsumsi minuman keras yang berlebihan, banyak makan makanan berlemak, dan berganti-ganti pasangan seksual.

Karsinogen secara umum dapat diartikan sebagai penyebab yang dapat merangsang pembentukan kanker. Beberapa karsinogen yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker sebagai berikut.

1. Senyawa kimia (zat karsinogen) Banyak senyawa kimia yang dapat mempengaruhi timbulnya kanker pada berbagai macam jaringan. Misalnya sisa-sisa dari industri batubara, ter (jelaga), zat pewarna, zat pengawet, bahan tambahan pada makanan dan minuman, karbon tetraklorida (CCI4), asbes, merkuri, arsen, kromiumhbenzene, kloramfenikol, fenilbutason, senyawa nitrosamin, aflatol-(sin B1, aflatoksin G1, asap rokok, dan sitostatika (alkil).

Kanker kulit banyak ditemukan pada pekerja pabrik cat dan pekerja yang membersihkan cerobong asap karena adanya kandungan senyawa hidrokarbon. Kanker paru banyak ditemukan pada perokok dan perokok pasif karena menghirup kandungan nikotin (tar).

Keberadaan senyawa tersebut dalam tubuh dapat dicegah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi; makanan yang diawetkan termasuk makanan yang diasinkan, diasap, dan dipanggang; makanan yang
disimpan terlalu lama karena dapat tercemar aflatoksin yaitu suatu zat beracun yang dihasilkan oleh jamur Aspergillus flavus, pemanis buatan seperti siklamat dan sakarin; dan jangan menggunakan minyak sayur yang dimasak terlalu panas karena teroksidasi clan terbentuknya radikal bebas yang memicu pembentukan kanker.

2. Faktor fisika .
Faktor fisika yang terutama adalah radiasi seperti bom atom dan raclioterapi agresif (radiasi sinar pengion).
Kanker kulit dapat ditimbulkan akibat sinar ultraviolet yang berasal darimatahari.
Kanker kulit dan leukemia dapat ditimbulkan oleh sinar radioaktif seperti si-nar-X clan sinar radiasi bom atom.
Gesekan atau benturan pada salah satu bagian tubuh yang berulang dalam jangka waktu lama merupakan rangsangan yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker pada bagian tubuh tersebut. Hal ini disebabkan luka atau
cedera pada tempat tersebut tidak sempat sembuh dengan sempuma.

3. Virus
Pada binatang percobaan, virus jelas dapat menyebabkan kanker. Pada manusia hal ini belum dapat dipastikan, tetapi beberapa jenis virus berhubungan erat dengan perubahan sel normal menjadi sel kanker. Jenis virus ini disebut virus penyebab kanker atau virus onkogenik. Terjadinya kanker hati (Hepatoma) meningkat tajam pada penderita hepati tis kronis akibat virus hepatitis B dan C (VHB & VI-IC). Kanker sewiks dihubungkan dengan terinfeksinya oleh human papilloma virus.

4. Hormon
Hormon adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar tubuh yang berfungsi mengatur kegiatan alat-alat tubuh. Diethyl stilbestrol, suatu hormon seks buatan yang umumnya digunakan untuk menggemukkan hewan ternak, terbukti sebagai penyebab timbulnya kanker rahim, payudara, dan alat reproduksi lainnya. ‘
Pada beberapa penelitian diketahui bahvva pemberian hormon tertentu secara berlebihan dapat menimbulkan kanker pada organ tubuh yang dipengaruhinya, seperti payudara, rahim, indung telur, dan prostat. Pengaruh hormon sehingga dapat menyebabkan kanker belum diketahui dengan pasti.

Faktor Penyebab Kanker – Informasi seputar Pertumbuhan dan Penyebaran Kanker

Faktor Penyebab Kanker – Kanker tumbuh dan berkembang secara bertahap. Pertumbuhannya dimulai ael tersebut kemudian berkembang dan membelah diri. Beberapa tahun kemudian, sel tersebut mengalami mutasi lagi yang menyebabkan pertumbuhan dan ukuran sel menjadi abnormal. Keadaan ini disebut fase displasia. Fase displasia berkembang dimulai dari displasia ringan, displasia sedang, displasia berat, dan akhirnya akan menjadi kanker in situ, yaitu kanker yang belum menembus batas jaringan tempat kanker tersebut tumbuh. Beberapa tahun kemudian, sel kanker dapat menembus jaringan basal dan menyusup ke jaringan sekitamya. Keadaan ini dinamakan kanker invasif.

Sel kanker juga dapat melepaskan diri dari tempat asalnya dan menembus pembuluh darah atau pembuluh getah bening (pembuluh limfe). Kemudian, bersama dengan aliran darah atau getah bening, sel kanker terbawa ke bagian lain dari tubuh. Di tempat yang baru, sel-sel kanker akan tumbuh dengan sifat-sifat yang sama dengan kanker induknya. Penyebaran kanker ke jaringan tubuh yang lainnya ini dinamakan anak sebar (metastasis). Biasanya kematian sukar dihindari bila telah terjadi metastasis.

Cara Menemukan Kanker Dalam Stadium Dini

Semakin dini kanker ditemukan, semakin besar harapan kesembuhan. Kenalilah dan perhatikan tujuh tanda bahaya dalam WASPADA. Periksakan diri lebih lanjut ke dokter bila ada salah satu tanda di bawah ini yang tidak sembuhdalam beberapa minggu.

Tanda-tanda yang harus diperhatikan dan disingkat WASPADA adalah:

W : Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.

A : Alat pencemaan terganggu dan susah menelan. V

S: Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh.

P: Payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).

A: Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin besar dan gatal

D : Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh.

A : Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.

Gejala Kanker

Pada stadium dini, kanker tumbuh setempat tanpa menimbulkan keluhan ataupun gejala. Hal ini sering menyebabkan orang yang sudah terkena kanker tidak menyadarinya. Bila sudah timbul gejala atau memberi keluhan, biasanya penyakit sudah berlanjut. Oleh sebab itu, bila teraba ada benjolan atau kelainan lain seperti ditemukan dalam WASPADA walaupun rasanya tidak mengganggu, perlu diwaspadai dan dicurigai sebagai kanker sampai terbukti kalau hal itu bukan kanker.

Semoga informasi seputar penyakit kanker ini bisa bermanfaat!!

Sumber : faktor penyebab kanker payudara, faktor penyebab kanker serviks, faktor penyebab kanker dan tumor , Faktor Penyebab Kanker

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)