Fidel Castro Tokoh Nyentrik Pendiri Sosialisme Kuba

Tokoh dunia fidel castroKapal pesiar Granma meninggalkan dermaga Meksiko pada november 1956. Kapa pesiar ini berisikan 82 orang penumpang dan menuju Kuba, negara tetangga Meksiko di Amerika Tengah. Tujuan penupang kapal ini adalah untuk menggulingkan pemerintahan resmi Negara Kuba dibawah pimpinan Presiden Jenderal Fulgencio Batista.

Kisah Perjuangan bak Dongeng oleh Fidel Castro

Serangan Castro dapat dipatahkan oleh pasuka Batista hingga pasukan pemberontak tersebut tinggal 12 orang yang berhasil meloloskan diri dan bergerilya di Sierra Maestra. Dua orang yang selamat adalaah Fidel Castro dan Che Guevara.

Kemenagan pasukan batista segera diumumkan oleh salah seorang pasukan Batista, kesempatan ini digunakan fidel castro untuk mencari dukungan menggalang kekuatan. Dukungan semakin besar  bagi pasukan castro pada tanggal 1 april 1958, castro mengumumkan perang total melawan Batista. Perang gerilya yang dilakukan membawa banyak kemenangan dipihak fidel castro, dan kemenangan ini memberikan semangat bagi gerakan kaum sipil di Kuba. Akhirnya Batista kalah pada desember 1958, selanjutnya Batista mengungsi ke DOminika tahun 1959. Fidel Castro dan pasukannya memasuki Havana dengan langkah kemenangan.

Sebuah kisah perjuangan yang sangat fantastis, seperti dongeng. Kemenangan ini hanya dapat dibandingkan dengan kisah Abdul Aziz bin Saud yang memanjat dinding Riyadh dan dengan cepat mendirikan dinasti Saud  yang saat ini berkuasa di Arab Saudi , dengan hanya dukungan 40 prajurit. Fidel castro sendiri hanya didukung 600 orang prajurit dan dapat mengalahkan 30.000 psukan Batista yang terlatih dan bersenjata lengkap.

Pemerintahan sementara Kuba segera dibentuk dan menetapkan tanggal 1 januari sebagai Hari Revolusi Kuba. Castro memegang jabatan sebagai kepala tertinggi. AS mengakui pemerintahan sementara ini pada 7 Januari 1959.

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Awal pemerintahan diawali dengan penangkapan, pengadilan, penghukuman dan penembakan para pendukung Batista. Akibat tindakan ini Fidel castro banyak mendapat kecaman dari dunia international. Menghadapi kecaman tersebut Castro menjawab ” Kenapa anda tidak mengecam Batista ketika dia berkuasa?” lalu lanjutnya ,”Pengadilan revolusioner tidak akan berhenti sebelum kaum ‘bromocora’ habis!” Selanjutnya fidel castro menghidupkan kembali partai komunis yang dilarang semasa Batista berkuasa.

Masa Kecil Fidel Castro – Fidel castro biography

CastroNama lengkap Castro adalah Fidel Castro Ruz,

putra dari Angel Castro Y.Argiz .Castro Sr. adalah imigran spanyol yang dapat memiliki tanah 23000 are yang dijadikan sebagai ladang tebu dan peternakan lembu diwilayah Biran. Didusun inilah castro lahir dari rahim Lina Ruz Gonzales.

Istri pertama Angel meninggal dunia dan memberikan dua orang anak Lidia dan Pedro Emilio.  Kemudian Angel menikahi juru masaknya dan memberikan Angel 7 orang anak.  Pertama lahir Angela, Agustina, Ramon (kelak menjabat pada program perbaikan pertanian, Fidel, Raul (sebagai deputi menteri dan Panglima Perang), Ernma dan Juana (melarikan diri ke AS karena tidak setuju dengan ideologi yang dianut Fidel Castro)

Tanggal Kelahiran Fidel castro ada dua versi . Pertama mengatakan tanggal 23 agustus 1926 tetapi ada juga yang mengatakan 1927. Dua belas tahun pertama masa mudanya dilalui ditanah pertanian ayahnya dengan membantu sebagai petani. Castro hampir tidak bersekolah jika ia tidak mendesak orang tuanya untuk menyekolahkannya pada umur 6 tahun. Ia sekolah di Colegio Lasalle dan Colegio Dolores di Santiago de Cuba.

Tahun 1942 Fidel Castro melanjutkan ke Colegio Belen, sekolah persiapan untuk masuk ke Universitas Havana. Disini castro mempelajari bahasa spanyol, sejarah dan pertanian. Fidel castro dapat meraih gelar sebagai atlet terbaik tahun 1944 dan 1945 dan ia terdaftar sebagai mahasiswa fakultas hukum Universitas Havana.

Dikampusnya Castro terpilih sebagai Presiden Senat Mahasiswa yang militan. Pada saat masih mahasiswa ia telah mengikuti aktivitas politik. Ketika ada gerakan penggulingan Presiden Jenerilisimo Rafael Trujillo di Dominika , Castro meninggalkan kampusnya dan ikut terlibat dalam pemberontakan tersebut. Pada tahun 1950 Castro berhasil menjadi sarjana hukum dan bersama kedua temannya membuka praktek sebagai penasehat hukum. Ia memfokuskan pada pembelaan orang miskin. Castro juga terlibat sebagai anggota Partido Ortodoxo yang didirikan oleh Eduardo Chibas, selanjutnya melalui partai itu castro dicalonkan sebagai anggota parlemen pada pemilu 1952.

Polemik politik terjadi ditahun itu juga di Kuba. Pada bulan maret 1952 Jenderal Fulgencio Batista berhasil melakukan kudeta dan menggulingkan presiden Carlos Prio Socarras. Diktatorisme segera berlaku di Kuba, Melihat ini Castro sangat kecewa.

Kekecewaan Fidel Castro menghantarkannya membuat petisi ke Mahkamah Penjamin Konstitusi dengan menggugat kaum diktator telah melanggar UU 1940. Tetapi mahkamah menolah petisi yang diajukan Castro, malah menekankan bahwa revolusi merupakan sumber hukumnya. Gagal melakukan petisi , Fidel castro kemudian mengorganisir pemuda idealis untuk memberontak demi demokrasi, keadilan sosial dan untuk menegakkan konstitusi 1940.

Dengan senjata seadanya, fidel castro dan teman temannya melakukan serangan 26 juli 1953 ke Moncada Barrack di Santiago. Castro berharap bahwa serangan ini akan menyulut pemberontakan di propinsi Oriente, tetapi harapanya tidak terjadi. Setengah dari pasukan castro tewas , sedangkan castro dan raul ditawan. Serangan ini kemudian dikenal dengan gerakan 26 juli dan banyak masyarakat yang simpati pada gerakan ini.

Fidel castro lalu dijatuhi hukuman 15 tahun penjara dipulau Pines. Dalam pembelaannya dipengadilan, masyarakt Kuba dan beberapa wartawan asing menjadi terkesan pada pembelaannya.Diakhir pembelaannya Fidel mengatakan ” La historia me absolvera atau Sejarah yang akan membebaskan aku” Rasa percaya diri yang sangat baik, demikian komentar dalah seorang wartawan. “Sungguh berani” lanjutnya kagum.

Berdasarkan amnesti 1955, Fidel castro dibebaskan . Segera ia mengorganisir kegiatan anti Batista dengan tanpa kekerasan, dan ini ditutup dengan menutup jalur media massa oleh Castro yang dilakukan oleh Jenderal Batista. Kesulitan bergerak di Kuba, Castro pergi ke Meksiko dan mengumpulkan teman temannya. Dimeksiko ini Castro bertemu dengan Ernesto Guevara, dokter muda dari Argentina. Guevara kemudian dikenal sebagai tokoh kunci revolusi Kuba.

Ternyata bekas presiden Prio Socarra memberikan bantuan keuangan pada castro dan geraknya. Uang inilah yang kemudian dibelikan kapal pesiar Granma yang menghantarkan castro kembali ke Kuba untuk pemberontakannya.

Fidel castro adalah orang yang penuh dengan semangat dan tidak perduli dengan segala kerumitan. Pada masa bergerilya dihutan mereka akan melepas senapannya dan menggantikannya dengan gitar, mereka berpesta, mereka bernyanyi, berdansa dengan para wanita gerilyawan dan meminum rum, minuman kesukaan Castro. Diantara suasana pesta tersebut Castro ikut aktif didalamnya.

Beberpa kemajuan segera terlihat, kebijakan untuk mengatasi petani yang tidak memiliki tanah, pengangguran, buta huruf, dan pelayanan kesehatan segera membuahkan hasil. Kuba merupakan negara dunia ketiga yang memiliki rasio antara dokter dan jumlah penduduk yang paling tinggi. Castro bahkan yakin  bahwa Kuba dapat menjadi negara paling baik dalam hal pelayanan kesehatan pada 15-20 yang akan datang.Ekonomi membaik dengan pertumbuhan 5 % menurut catatan pd tahun 1983. Kuba bahkan dapat memberikan bantuan tenaga ahli, tentara dan senjata kenegara dunia ketiga lainnya seerti Afrika. Walaupun negara ini makmur, rakyat tetap dibatasi dalam pembelian bahan pangan.

Salah satu kunci keberhasilan Castro adalah kemampuannya untuk meyakinkan rakyat Kuba. Ketika castro gagal untuk menaikkan produksi gula pada tahun 1960. Fidel castro mempublikasikan permintaan maaf secara umum. Bisa dipahami bila rakyak Kuba jugavtidak akan marah ketika mereka kalah di Granada, tidak ada kritik yang dilontarkan. Bukan karena kritik dilarang, tetapi karena mereka tidak lupa peristiwa teluk babi pada 1963, pasukan castro dpt mengalahkan Pasukan AS yang diokordinasi CIA  pada masa pemerintahan Kennedy. Bahkan Castro dapat mendesak AS membayar denda 53 juta dollar sebagai pengganti tawanan perang sebanyak 1.113 orang tentara AS.

Kharisma dari tokoh dengan brewoknya yang lebat terutama terletak pada gaya dan kepandaiannya berbicara. Fidel castro dapat melakukan pidato tanpa teks selama ber jam jam dengan amat memikat. Fidel castro mungkin setara dengan orator orator dunia lainnya seperti Soekarno dan Naser.

Fidel castro tidak banyak membawa perubahan yang cukup berarti bagi Kuba sejak penggulingan Batista, Tetapi banyak orang berpendapat bahwa kegagalan Kuba bukan kesalahan Castro, hanya keberhsilanlah yang menjadi tanggung jawab Fidel Castro.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)