Kesehatan Jantung dan Panjang Umur dengan Konsumsi Bawang Putih

Info kesehatan jantung andaKesehatan Jantung dan Panjang Umur dengan Konsumsi Bawang Putih , Bawang putih dan apa perannya dalam kesehatan anda, khususnya kesehatan jantung dan pembuluh darah . Akan kita bahas terlebih dahulu mengenai penyakit jantung dan Kesehatan jantung dengan lebih detail.

Proses Terjadinya Serangan jantung hingga Stroke – Jaga selalu Kesehatan jantung kita

Kesehatan jantung sangatlah penting. Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh terbesar. Meskipun hanya beberapaa diantaranya yang mempunyai faktor predisposisi genetik untuk menderita penyakit jantung, teapi kebanyakan dari kita dapat mengalami serangan penyakit jantung akibat disiplin makan yang buruk yaitu terlalu banyak lemak. Selain itu faktor merokok dan stres juga mempengaruhi Kesehatan jantung.

Cara menjaga kesehatan jantung secara benar

Penyakit jantung koroner adalah penebalan dinding arteri secara progresif oleh lemak sehingga akan menghambat aliran darah. Penyempitan bertahap arteri ini dinamakan atherosklerosis. Proses ini berlangsung progresif, mula mula sebagi coretan lalu atheroma (deposit materi lemak) yang sering dijumpai pada orang muda. Dengan berlalunya waktu , deposit ini akan memadat, membuat seluruh daerah arteri menjadi kaku dan tidak elastis lagi. Keadaan ini dinamakan pengerasan arteri. arteri yng mengeras ini bersifat rapuh dan mudah rusak. Jika dinding arteri rusak , pendarahan akan terjadi, dan ini kn mengaktifkan mekanisme pembekuan darah. Dimana keping darah atau trombosit termsuk dalah satu komponen yang berperan.

Pada orang normal trombosit akan membentuk suatu fungsi yang menguntungkan karena akan menyebabkan darah membeku sehingga pendarahan terhenti. Tetapi pada penderita penyakit jantung trombosit ini akan membentuk lempung yang akan melekat pada lapisan teratas dan mempersempit lubang arteri yang menyempit, sehingga penyaluran darah lebih berkurang lagi.

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Hal ini tentu saja akan menimbulkan komplikasi pada anggota badan, seperti hilangnya fungsi dan rasa pada otot, penyumbatan arteri yang memperdarahi jantung sehingga menyebabkan serangan jantung. Itulah makanya kenapa kita harus selalu memelihara Kesehatan jantung.cara menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

Pengurangan suplai darah akan menyebabkan pengurangan jumlah oksigendan alat gizi ke jantung sehingga otot jantung mengalami kematian secara cepat, kerja jantung memburuk atau berhenti sama sekali. Jika suplai darah ke otak terhenti akibat sumbatan arteri atau bekuan darah yang menutup selutuh arteri maka akan terjadi yang namanya stroke.

Menjaga kesehatan jantung demi panjang umur, Dalam setiap pembicaraan mengenai kesehatan jantung manusia selalu dibahas tentang Lemak, kolesterol, LDL dan HDL

Tentang Lemak

  • Lemak jenuh akan meninggikan kadar kolesterol darah, sumber lemak jenuh dari makanan seperti daging dan produk susu.
  • Lemak tak jenuh tidak mempunyai kontribusi pada kadar kolesterol darah, terdapat dalam ikan yang berminyak, ayam dan kalkun serta beberapa minyak tumuhan.
  • Lemak tak jenuh ganda yang diyakini mempunyai efek positif untuk jantung, bahan ini banyak dijumpai pada minyak kacang dan minyak olive.

Tentang Kolesterol

Untuk menjaga Kesehatan jantung kita perlu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Sesungguhnya kita tidak dapat bertahan hidup tanpa kolesterol, tetapi  terlalu banyak kolesterol juga mengancam jiwa. Kolesterol adalah bahan lemak yang terdapat dalam makanan tertentu, terutama seperti daging binatang. Sejumlah kecil kolesterol adalah mutlak dan penting untuk pembentukan membran sel serta untuk pembentukan hormon hormon alamiah yang akan mengatur perilaku tubuh.

Jika kita menghindari semua makanan yang kaya kolesterol dan diet mulai hari ini, maka kadar kolesterol tubuh akan berkurang lebih dari 15%. Tidak banyak tetapi cukup untuk mengubah status kesehatan serta penyakit yang mengancam jiwa. Kolesterol yang tinggi hampir selalu menyebabkan penyempitan pembuluh nadi akibat pengendapan atheroma. Dengan mengurangi masukan kolesterol dalam diet, maka kalau kadar kolesterol darah akan menurun secara bermakna yang kemudian akan menurunkan resiko penyakit jantung.

LDL atau Low Density Lipoprotein

Manfaat bawang putih
Kolesterol dibawa dalam darah oleh lipoprotein. Lipoprotein utama adalah LDL. Lipo sendiri berarti ” lemak” LDL dibuat dalam hati, lalu dibawa kedalam sirkulasi untuk mengangkut kolesterol. Kolesterol dibawa ke sepanjang dinding pembuluh nadi atau arteri serta berbagai bagian tubuh lainnya. Terdapat lokasi reseptor kolesterol yang melalui sistem kimiawi yang kompleks akan berinteraksi dengan LDL dan membuatnya melepaskan kolesterol yang dibawanya.

Misalnya anda makan kue krim, hamburger dan 2 butir telor maka lokasi ini akan tidak mencukupi untuk menampung kolesterol yang berlebihan ini. akibatnya LDL lalu dilepas dalam tempat yang salah yaitu dinding arteri. Sejak saat itu proses berlangsung terus secara bertahap dan terjadilah pengendapan.

HDL atau Hidh density Lipoprotein

Bahan ini dibuat dalam hati dan berperan sebagai pembersih dinding arteri. HDL beredar dalam sirkulasi darah dan mencari kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati untuk dibuang.

HDL merupakan penyeimbang, lalu apa akibatnya jika kadar LDL tinggi dan HDLrendah? Maka kolesterol akan ditimbun pada tempat yang tidak semestinya karena tak cukup HDL yang dapat membersihkan dan membawanya. Akibatnya terjadilah penyempitan pembuluh darah.

Kesehatan jantung dapat diupayakan dengan keseimbangan HDL dan LDL -Bawang putih untuk Kesehatan jantung

Minyak ikan dan bawang putih dapat mempengaruhi penanganan lemak oleh hati. Walaupun baru saja makan makanan tinggi lemak, bawang putih dpt mengatur HDL/LDL sehingga terjadi kelebihan HDL.

Bawang putih untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Tips kesehatan jantung anda , Cara menjaga kesehatan jantung sebenarnya cukup sederhana meski demikian  sulit dicapai tanpa keinginan yang kuat :

1. Mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dengan makanan alternatif rendah lemak. Seperti oleskan roti dengan lemak tak jenuh ganda, keju rendah lemak atau susu skim. Jika konsumsi daging, makanlah daging ayam dan dalam bentuk panggangan dan bukan yang digoreng.

2. Berhenti merokok. Rokok dapat membuat trombosit menjadi lebih lengket, mekanisme belum diketahui pasti.

3. Menghindari stress dengan relaksasi atau latihan yoga. Yoga dapat membuat kita tenang dan damai jika dilakukan secara serius dan umumnya hanya memerlukan beberapa menit per harinya.

4. Berolahraga secara teratur, jagalah otot jantung agar selalu dalam kondisi baik.Berjalan cepat sampai terengah engah 2 atau 3 kali seminggu sama seperti tonikum dan sama artinya dengan berjalan 2 mil setiap harinya – kesehatan jantung dan olahraga

Dengan latihan ini maka denyut nadi istirahat akan menurun seiring dengan peningkatan kekuatan otot jantung serta perbaikan kinerja paru.

Dengan demikian jantung bekerja lebih sedikit dari biasanya, dan denyut jantung berkurang. Denyut nadi istirahat yang rendah merupakan pertanda cara menjaga kesehatan jantung yang baik.

5. Makan secukupnya, mengurangi kopi dan teh  lebih baik , memperjarang minum anggur. jangan ngemil coklat, makanan kaya kafein akan merupakan perangsang atau stimulan dan dapat merangsang jantung secara berlebihan.

6. Makanlah bawang putih setiap hari. baik mentah maupun dimasak atau sebagai bahan pelengkap masakan. Kandungan bawang putih dapat membunuh bakteria, bahkan yang paling berbahaya dan  potensial mengancam jiwa sekalipun – khasiat bawang putih dan manfaat bawang putih lanang

Semoga bermanfaat..

Sumber : Artikel Kesehatan jantung

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)