Kisah Nabi Adam Mulai Dari Penciptaannya Hingga Akhir Hayatnya

Ringkasan kisah nabi adam, Para malaikat mengetahui bahwa Allah SWT akan menciptakan khalifah dimuka bumi. Allah SWT menyampaikan perintah-Nya kepada mereka secara terperinci. Dia memberitahukan bahwa Dia akan menciptakan manusia dari tanah. Allah SWT mengumpulkan segenggam tanah dari bumi, didalamnya terdapat yang berwarna putih, hitam, kuning, coklat dan merah. Oleh karena itu manusia memiliki beragam warna kulit. Allah SWT mencampur tanah dengan air sehingga menjadi tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dari tanah inilah Allah menciptakan Nabi Adam. Allah SWT menyempurnakannya dengan kekuasaan-Nya lalu meniupkan rohnya didalamnya, kemudian bergeraklah tubuh Nabi Adam dan tanda kehidupan mulai ada didalamnya.

Tentang kisah nabi adam

Nabi Adam membuka mata dan melihat para malaikat bersujud kepadanya, kecuali makhluk yang Nabi Adam tidak tahu namanya. Iblis berdiri bersama malaikat tetapi bukan golongan mereka.

Allah berfirman :

Allah berfirman: ‘Hai Iblis, apa yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu merasa termasuk orang-orang yang lebih tinggi? ‘Iblis berkata: ‘Aku lebih baik daripadanya, kerana Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.’ Allah berfirman: ‘Maka keluarlah kamu dari syurga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk. Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan.’ Iblis berkata: ‘Ya Tuhanku, bertangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan.’ Allah berfirman: ‘Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh, sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya (hari kiamat).’ Iblis menjawab: ‘Demi kekuasaan-Mu, aku akan menyesatkan mereka semua, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka.'” (QS. Shad: 75-83)

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Nabi Adam memperhatikan kejadian yang terjadi dihadapannya, Ia merasakan suasana cinta, ketakutan dan kebingungan. Nabi Adam merasakan cinta kepada Allah yang menciptakan dan memuliakannya. Nabi Adam merasa takut saat Allah marah kepada Iblis, yang menganggap ia yang berasal dari api lebih baik darinya yang berasal dari tanah. Nabi Adam merasa takut saat Allah mengusir Iblis dari pintu rahmat-Nya.

Kemudian Allah memberitahukan kepadanya tentang hakikatnya, hikmah penciptaannya dan rahasia penghormatannya.

Allah berfirman : “Dan dia mengajarkan kepada Adam nama nama (benda benda) seluruhnya” (QS. al-Baqoroh 31)

Allah mengajari Nabi Adam dengan ilmu dan pengetahuan, Allah menanamkan pengetahuan yang luas kepada jiwa Nabi Adam dan keinginan yang terus mendorongnya untuk mengetahui sesuatu.

Nabi Adam mengetahui  semua nama nama bahkan ia terkadang berbicara dengan Malaikat, Namun para malaikat disibukkan dengan ibadahnya kepada Allah SWT sehingga Nabi Adam merasa kesepian. Ketika Nabi Adam terbangun dari tidurnya, disebelahnya telah ada perempuan bermata indah dan nampak penuh kasih sayang. Nabi adam memberinya nama Hawa dan ketika malaikat bertanya kenapa diberi nama itu, Nabi Adam menjawab ” Karena ia diciptakan dariku saat aku dalam keadaan hidup”. Berikut ini kisah nabi adam lengkap:

Kisah nabi adam di Surga

Kisah nabi adam dan hawa- Nabi Adam adalah makhluk yang suka kepada pengetahuan. Ia membagi pengetahuannya kepada Hawa, dimana ia menceritakan apa yang diketahuinya kepada pasangannya itu, sehingga Hawa mencintainya.

Allah SWT berfirman :

Dan kami berfirman: “Wahai Adam! Tinggallah engkau dan isterimu di surga ini, dan makanlah makanan makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini ,yang menyebabkan kamu termasuk orang orang yang lalim” (QS. al-Baqarah: 35)

Kisah Nabi Adam

NabiAdam dan Hawa memasuki surga dan disana mereka berdua  merasakan kenikmatan manusiawi semuanya, Disurga keduanya mendapatkan pengalaman yang berharga. Kehidupan keduanya dipenuhi dengan kebebasan yang tak terbatas. Mereka berdua menikmati nyanyian makhluk, tasbih sungai sungai, dan musik alam sebelum ia mengenal bahwa alam juga disertai dengan penderitaan dan kesedihan.

Nabi Adam dan Hawa mengerti bahwa mereka dilarang untuk memakan sesuatu dari pohon yang dilarang oleh Allah ini. Namun Nabi Adam adalah manusia biasa yang suka lupa dan hatinya berbolak balik. Iblis memanfaatkan kemanusiaan Nabi Adam dan mengumpulkan segala kedengkiannya . Iblis terus berusaha membangkitkan was was dalam diri Nabi adam. Berlalulah waktu, Adam dan hawa memutuskan untuk memakan pohon itu, mereka lupa akan peringatan Allah, mereka lupa bahwa Iblis adalah msuuh mereka sejak dahulu. Nabi Adam mengulurkan tangannya dan memetik salah satu buah dan memberikanya kepada Hawa. Akhirnya mereka berdua memakan buah terlarang itu.

Belum selesai Nabi Adam memakan buah tersebut , dimana ia merasakan penderitaan, kesedihan dan rasa malu. Berubahlah keadaan disekitarnya dan berhentilah musik indah yang memancar dari dalam dirinya. Ia mengetahui bahwa ia tidak berbusana demikian juga istrinya. Akhirnya ia mengetahui bahwa ia lelaki dan istrinya seorang wanita. Ia dan istrinya mulai memetik daun daun pohon untuk menutup tubuh mereka yang terbuka. Kemudian Allah SWT mengeluarkan perintah agar mereka turun dari surga. Nabi Adam keluar dari surga dengan bersedih, sedangkan istrinya tak henti hentinya menangis. Karena ketulusan tobat mereka, akhirnya Allah menerima tobat mereka dan memberitahukan bahwa bumi adalah tempat mereka yang asli, dimana mereka akan hidup didalamnya, mati diatasnya dan akan dibangkitkan darinya pada hari kebangkitan.

Kisah nabi adam turun ke bumi

Nabi Adam adalah rasul pertama bagi manusia. Mulailah kehidupan nabi adam dibumi. Dibumi ia harus menghadapi kesulitan agar dapat makan, harus melindungi diri dengan pakaian dan senjata, melindungi istri dan anak anaknya dari gangguan binatang buas yang hidup dibumi. Sebelum semua itu dan sesudahnya ia harus meneruskan pertempurannya dengan pangkal kejahatan yang menyebabkannya keluar dari surga yaitu setan. Di bumi setan membuat was was kepadanya dan anak anaknya sehingga mereka masuk neraka jahanam. maka barang siapa yang mengikuti petunjuk Allah SWT, ia tidak akan merasakan ketakutan dan kesedihan, dan barang  siapa yang bermaksiat kepada ALlah dan mengikuti makhluk api maka ia akan bersamanya keneraka.

Nabi adam mengerti semua ini, ia menyadari bahwa penderitaan akan menyertai kehidupannya dibumi. Satu satunya yang dapat meringankan hatinya adalah bahwa ia penguasa di bumi, yang karenanya harus menundukkannya, memakmurkannya dan membangunnya serta melahirkan keturunan yang baik didalamnya, sehingga mereka dapat mengubah kehidupan dengan menjadikannya lebih baik. Hawa melahirkan dalam satu perut seorang lelaki dan seorang perempuan, dan perut berikutnya seorang lelaki dan seorang perempuan, maka dihalalkanlah perkawinan antara anak laki laki dari perut pertama dengan anak perempuan dari perut kedua. Akhirnya anak anak adam menjadi besar dan menikah serta memenuhi bumi dengan keturunanya.

Nabi adam mengajak mereka untuk menyembah Allah SWT. Nabi adam menyaksikan kecenderungan pertama dari anaknya terhadap pangkal kejahatan. Maka terjadilah pembunuhan pertama kali di bumi, salah seorang anak adam membunuh saudara kandungnnya. Anak yang jahat membunuh anak yang baik.’

Allah berfirman :

Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa”. (QS. al- Maidah : 27)

Nabi Adam merasakan kesedihan yang mendalam atas meninggalnya salah satu anaknya. Nabi adam salat untuk anaknya yang mati, kemudian ia kembali menjalani kehidupannya dimuka numi. Beliau adalah manusia yang bekerja dan mengalami penderitaan. Seorang Nabi yang menasehati anak anaknya dan cucu cucunya serta mengajak mereka untuk menyembah Allah SWT. Beliau menceritakan kejahatan iblis kepada mreka dan meminta untuk berhati hati darinya. Beliau menceritakan pengalaman pribadinya bersama iblis kepada mereka. Beliau menceritakan kehidupannya bersama amaknya yang tega membunuh saudara kandungnya sendiri.

Nabi adam telah menjadi dewasa, lalu tahun demi tahun datang silih berganti sehingga anak anaknya tersebar dibumi, lalu datanglah waktu malam dibumi. Angin bertiup sangat kencang, bergoncanglah daun daun pohon tua yang ditanam Nabi adam dimana dahan dahannya mendekati danau sehingga buahnya menyentuh air danau. Dan ketika pohonitu menjadi tegak setelah berlalunya angin, air mulai berjatuhan diantara cabang cabangnya dan tampaklah dari jauh bahwa pohon itu sedang menarik dirinya dari air dan menangis. Pohon itu bersedih dan dahanya berguncang. sementara itu dilangit bintang bintang juga tampak berguncang. Cahaya bulan menerobos kamar Nabi Adam sehingga cahaya itu menerpa wajah Nabi adam yang pucat danmuram dariw ajah bulan. Bulan mengetahui bahwa Nabi adam akan mati.

Didalam kamarnya yang sederhana, Nabi adam tertidur dengan jenggotnya yang putih dan wajahnya yang bersinar di atas tempat tidur dari dahan pohon pohon dan bunga bunga. Semua anaknya berdiri mengelilinginya, menunggu wasiatnya. Nabi adam berbicara daan memahamkan anak anaknya bahwa hanya ada satu perahu keselamatan bagi manusia dan hanya ada satu senjata baginya yang daat menenangkannya. Perahu itu adalah petunjuk Allah dan senjata itu adalah kalimat kalimat Allah SWT.

Nabi adam menenangkan anak anaknya bahwa Allah SWT tidak akan membiarkan manusia sendirian di muka numi. Sesungguhnya Dia akan mengutus para Nabi untuk membimbing dan menyelamatkan mereka. Para Nabi tersebut memiliki nama nama, sifat sifat, dan mukjizat mukjizat yang berbeda beda. tetapii mereka dipertemukan dengan satu hal yaitu untuk menyembah Allah semata.

Demikianlah wasiat Nabi adam kepada anak anaknya, akhirnya Nabi adam menutup matanya, dan para malaikat memasuki kamar dan mengelilinginya. Hati nabi adam tersenyum ketika mendapatkan kata salam yang dalam dan rohnya mencium bau surga.

Hikmah kisah nabi adam adalah Banyak ilmu dan pelajaran yang bisa kita petik dari terciptanya beliau hingga akhir hidupnya

Sumber : kisah nabi adam

 

 

Comments

comments

One Response

  1. muhammad mr November 11, 2014 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)