Manfaat Biji Bijian Terutama Yang tidak Dihaluskan Sebagai Sumber Vitamin

Manfaat Biji Bijian sebagai sumber vitamin – Pentingnya Mengkonsumsi Biji Bijian Yang tidak Dihaluskan Sebagai Sumber Vitamin.

Yang termasuk dalam Biji bijian yang baik dikonsumsi untuk kesehatan antara lain beras merah, kacang hijau, kacang hitam, kacang kedelai, biji labu, biji bunga matahari, biji semangka, biji wijen dll

Manfaat Biji Bijian – Sejarah Biji bijian yang tidak dihaluskan lebih bergizi tinggi

Manfaat Biji Bijian untuk kesehatan .

Ada sebuah cerita di Cina tentang seorang gadis kecil yang dijual kepada keluarga lain untuk menjadi calon istri dari salah satu anak laki lakinya, sebuah budaya yang sudah turun temurun terjadi di Cina sebelum abad ke-18.

Sayangnya tak seorangpun anggota keluarga itu senang padanya, sehingga ketika waku makan malam tiba. Semua anggota keluarga makan biji bijian yang dihaluskan sedangkan gadis kecil tersebut diberi makan biji bijian yang kasar atau yang tidak dihaluskan .Tak lama kemudian semua anggota keluarga terebut menderita penyakit kekurangan vitamin B seperti diare, stomatitis dan gangguan pencernakan, kecuali tentu saja gadis kecil ini.

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Cerita diatas adalah gambaran sederhana betapa biji bijian yang tidak dihaluskan punya nilai gizi lebih dibandingkan dengan biji bijian yang dihaluskan.

Pada tahun 1886 seorang psikolog Belanda bernama Christian Eijkman (1858-1930) mengamati bahwa banyak sekali napi dipenjara terjangkit beri beri (yaitu penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri dan bengkak pada anggota badan) sebagai akibat konsumsi nasi beras selep secara berlebihan.

Kemudian ia menemukan bahwa beri beri tersebut terjadi karena kekurangan vitamin B1. Dan ia mendapatkan nobel atas penemuannya. Mulai saat itulah para ahli gizi menekankan pentingnnya mengkonsumsi biji bijian yang tak dihaluskan sebagai sumber vitamin B1 yang penting.

Sumber makanan yang mengandung Vitamin B1 adalah beras merah, kuning telur, susu, jantung, hati, otak, katul, gandum, wortel, kacang hijau, dan ragi. Fungsi Vitamin B1 adalah menjaga keseimbangan air dalam tubuh, membantu penyerapan lemak pada usus, dan membantu metabolisme karbohidrat

Manfaat Biji Bijian yang tidak dihaluskan

Manfaat Biji Bijian yang tak dihaluskan untuk mengurangi kemungkinan berkembangnya kanker usus besar.

Manfaat biji bijian untuk kesehatanSebuah penelitian menunjukkan bahwa berbagai kelainan dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi biji bijian yang tidak dihaluskan . Biji bijian ini merupakan makanan kaya serat yang diketahui bisa mengurangi resiko kanker usus besar. Ditemukan fakta bahwa orang yang tidak konsumsi biji bijian yang kaya serat rentan terhadap kanker usus besar jauh lebih sering dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi biji bijian yang dihaluskan.

Karenanya konsumsi biji bijian yang tak dihaluskan secara teratur dapat memperbaiki sistem pengeluaran kotoran dan mengurangi kemungkinan berkembangnya kanker usus besar.

Biji bijian yang tak dihaluskan juga berguna untuk mengatasi diabetes dan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian di Cina antara tahun 1961 dan 1962 ditemukan 13 orang penderita diabetes yang dirawat dengan kulit gandum, dalam semua hal gula darah mereka berkurang secaraa signifikan dan berbagai gejala neuritis yang berhubungan dengan diabetes lenyap.

Termasuk juga Dalam eksperimen yang dilaporkan oleh jurnal medis di Cina pada thun 1974, binatang lab yang diberi makan kulit gandum dan biji bijian yang tak dihaluskan tingkat kolesterol pada binatang ini turun banyak sekali sekalipun kenyataannya binatang tersebut juga diberikan makanan yang kaya dengan lemak juga.

Jadi dengan mengkonsumsi biji bijian yang tak dihaluskan tidak hanya akan memperbaiki sistem pembuangan kotoran tubuh, mencegah kanker usus besar tetapi juga mengurangi kolesterol yang sangat penting untuk mencegah penyakit jantung.

Sumber gambar : realfoods.co.uk- Manfaat Biji Bijian

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)