Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuhManfaat Kunyit untuk Kesehatan manusia di sekitarnya, Kunyit adalah jenis tanaman yang banyak ditanam di pekarangan rumah, kebun, dan disekitar hutan jati. Kunyit selain dikenal sebagai penyedap atau bumbu masakan seperti gulai, opor, nasi kuning dll, ternyata juga berkhasiat untuk obat. Manfaat Kunyit untuk Kesehatan sebagai ramuan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, misalnya untuk mengobati bengkak akibat gigitan serangga dengan cara kunyit diparut kemudian dicampur dengan kapur sirih dan air panas, lalu dioleskan pada bagian tubuh yang bengkak.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan sudah dilakukan secara meluas oleh industri makanan, kosmetik, obat obatan dan tekstil. Dunia industri tektil telah memanfaatkan kunyit untuk pewarna kain wool, sutera, tikar dan barang barang kerajinan lainnya. Bahkan di Eropa kunyit dipakai untuk mewarnai mentega, keju dan mustard.

Ilmu kedokteran sudah semakin maju akan tetapi pemanfaatan kunyit sebagai ramuan tradisional masih tetap digunakan oleh masyarakat bahkan semakin digemari dan dibutuhkan, karena memang khasiatnya yang sudah tidak diragukan lagi.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan seperti kunyit asam yang berfungsi mengurangi rasa sakkit saat haid, meghilangkan bau badan dan menyediakan serat bagi tubuh.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan- Pemanfaatan Daun dan rimpang kunyit

Manfaat kunyit bagi kesehatan,  bagian terpenting dalam pemanfaatan kunyit adalah rimpangnnya, meski demikian daun kunyitpun banyak dipakai untuk berbaga jenis masakan seperti gulai, opor, nasi kuning bahkan rendang dan masih banyak lagi masakan yang memakai daun kunyit untuk penyedap.

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Secara turun temurun kunyit dipakai untuk zat pewarna berbagai makanan dan industri tekstil. Pewarna dalam kunyit yang lebih dikenal dengan nama kurkumin dijadikan salah satu alternatif karena merupakan zat pewarna alami yang tidak berbahaya.Industri tekstil menggunakan kunyti sebagai pewarna untuk wool, sutera, tikar, kulit, kertas, rotan, dan bahan pakaian.

Di indonesia kunyit dipakai untuk proses pembuatan minyak kelapa secara basah. Selain warna menjadi menarik kunyit juga dapat mengawetkan minyak kelapa. Hal ini terjadi karena minyak asiri yang terdapat pada kunyit mampu mengikat air melalui pemecahan ikatan ester jika konnsentrasi kunyitnya lebih dari 4%. Sifat kunyit yang anti oksidan ini juga dapat mengawetkan minyak jagung.

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh- Rimpang kunyit merupakan obat.Dalam pengobatan herbal sudah banyak jenis penyakit yang bisa sembuh dengan rimpang kunyit seperti demam, pilek, hidung tersumbat, rematik, diare, disentri, gatal gatal pada kulit, bengkak, bau badan, malaria, panas dalam, atau sariawan usus. Kunyit juga dapat menurunkan kadar lemak tinggi, menyembuhkan nyeri dada, rasa tidak enak diperut, haid tidak teratur, radang hidung, radang telinga, radang gusi, radang rahim, keputihan, radang usus buntu, radang amandel,penyakit kuning dan tekanan darah tinggi.

Manfaat kunyit untuk wajah- Dalam industri kosmetik kunyit digunakan untuk menghaluskan kulit, dan membuat kulit menjadi kuning langsat. Kunyit yang berbentuk bubuk atau tepung halus biasanya dipakai sebagai lulur. Selain itu, bubuk kunyit juga bisa dicampur dengan bahan bahan ksometik lainnya, seperti bedak, foundation dan hand body lotion.

Dalam bidang peternakan kunyit dimanfaatkan untuk menambah cerah atau warna kuning kemerahan pada kuning telur. Jika dicampurkan pada ransum ayam dapat menghilangkan bau kotoran ayam dan menambah berat badan ayam.

Dalam bidang keamanan pangan, minyak asiri yang terkandung dalam kunyit memberikan efek antimikroba, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan. Minyak asiri terbukti bersifat membunuh  (bakterisidal) terhadap bakteri golongan Bacillus cereus , B subtilis, B megaterium. Selain itu mampu menghambat pertumbuhan sel vegetatif bacillus dan menghambat pertumbuhan sporanya. Kunyit juga mampu menghambat perkembangan serangga hama gudang. Efek yang ditimbulkannya adalah dalam bentuk daya tolak ( repellent) dan daya pencegah (antifeedant)

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan – Efek farmakologis pada kunyit

Kunyit memiliki bau khas aromatik, rasa agak pahit tetapi menyejukkan dan sedikit pedas. Kunyit juga tidak beracun. Berdasarkan hasil penelitian kunyit memiliki efek farmakologis melancarkan darah dan vital energi (energi hidup yang dinyatakan berdasarkan pandangan bahwa makhluk  hidup memiliki energi yang berbeda dan tidak tunduk pada hukum termodinamika biasa), menghilangkan sumbatan peluruh haid, anti radang, mempermudah persalinan, peluruh kentut, antibakteri, memperlancar pengeluaran empedu dan pelembab.

Kandungan zat aktif pada rimpang kunyit juga dapat meningkatkan aktifitas seksual. Berikut ini dijelaskan tabel zat aktif rimpang pada kunyit ddan efek farmalogisnya

NONAMA ZAT AKTIFEFEK FARMALOGIS
1Caffeic acidMerangsang semangat, penyegar, mengurangi rasa lelah, antiradang, antikejang dan antioksidan
2L-a dan L-b curcumaePenyegar
3GuanicolMenurunkan kepekaan saraf peraba dan menekan batuk
4Protochatechuic acidMerangsang daya tahan tubuh
5Ukanan A,B,C dan DMerangsang daya tahan, stamina dan kekebalan tubuh
6ZingibereneFeromon (zat pengharum obat atau makanan)

Manfaat kunyit untuk kesehatan dan obat – Ramuan kunyit untuk pengobatan

1. Demam

Bahan : 20 gram rimpang kunyit segar dan 1/2 gelas air matang yang hangat.

Cara pembuatan : Rimpang kunyit dicuci dan diparut, tambahkan 1/2 gelas air hangat, diaduk hingga rata lalu diperas menggunakan sepotong kain. Air perasan diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari.

2. Perut kembung, nyeri, mual dan tidak nafsu makan

Bahan : 50 gram rimpang kunyit dan 3 sendok air minum.

Cara pembuatan : Kunyit segar diparut, tambahkan air, aduk hingga merata kemudian diperas dan saring. Diminum 3 kali sehari pada pagi, siang dan sore hari.

3. Hidung tersumbat akibat flu

Bahan : 2 jari rimpang kunyit yang tua dan 2 sendok makan minyak kelapa

Cara pembuatan :Kunyit digurat dengan pisau selanjutnya diolesi minyak kelapa. Kemudian kunyit dipangang diatas api sampai hangat, lalu diparut dan diperas.

Aturan pemakaian : Air perasannya dioleskan disekitar batang hidung saat hidung tersumbat.

4. Diare

Bahan :1/2  jari tangan rimpang kunyit, 1 sendok teh air kapur sirih dan 1 gelas air.

Cara pembuatan : Kunyit diiris tipis tipis , direbus dengan air hingga tersisa 1/3 gelas. Air kapur sirih dimasukkan dan diaduk hingga rata. Setelah dingin disaring

5. Keputihan

Bahan : 1 ibu jari rimpang kunyit yang tua, 1/4 cangkir larutan asam, dan 2 sendok makan larutan gula jawa.

Cara pembuatan : Kunyit dibuang kulitnya, lalu di parut. Semua bahan dicampurkan dan dimasak hingga mendidih, diaduk hingga rata, kemudian didinginkan. Ramuan disaring dengan sepotong kain.Ramuan ini diminum setiap hari, 3kali sehari.

6. Gatal akibat cacar air

Bahan : 1 genggam daun asam dan 1 potong rimpang kunyit.

Cara pembuatan : Bahan dicuci bersih dan digiling halus hingga menjadi bubur. Kemudian dioleskan dibagian yang gatal 3x sehari hingga sembuh.

7. Radang gusi

Bahan : 1/2 jari rimpang kunyit, 3 potong gambir, dan 2 gelas air

Cara pembuatan : Kunyit dan gambir diiris tipis tipis kemudian direbus dengan air hingga tersisa 1 gelas dan didinginkan. Air rebusan tadi dipakai untuk kumur kumur hingga sembuh.

8. Radang amandel

Bahan : 1/4 jari rimpang kunyit, 2 sendok makan air minum, 1 butir telor ayam kampung dan kapur sirih secukupnya

Cara pembuatan : Kunyit dicuci, diparut dan ditambah air sampai rata, kemudian diperas. Air perasan ditambah kuning telor ayam dan air kapur sirih. Adonan dikocok hingga rata. Ramuan diminum 1-2 kali sehari hingga sembuh.

9. Tekanan darah tinggi

Bahan : 1/2 jari rimpang kunyit dan 1 sendok makan madu

cara pembuatan : Kunyit dicuci dan diparut, ditambahkan madu, kemudian diaduk rata dan peras. Ramuan diminum 2-3 kali sehari

10. Luka di kaki

Bahan : 1 jari  rimpang kunyit dan asam kawak sebesar kelereng.

Cara pembuatan : Bahan digiling halus hingga menjadi adonan seperti salep. Adonan dioleskan ke luka hingga sembuh.

 

Sumber :Manfaat kunyit untuk wajah dan kulit & Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Comments

comments

2 Comments

  1. danny sanjaya November 15, 2014 Reply
  2. admin November 16, 2014 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)