Manfaat Shalat Jamaah Di Masjid dan Keutamaannya

Shalat Jamaah- Kedudukan Shalat dalam Islam

Islam menganjurkan supaya menerangi masjid pada malam hari sehingga memudahkan orang orang untuk melaksanakan shalat dan berkumpul untuk belajar ilmu dan berdzikir kepada Allah. Yang demikian akan mempermudah mereka saling mengenal satu sama lainnya. Karena itulah Islam melarang untuk mengunci masjid, sebab dengan membiarkan masjid tetap terbuka dapat memudahkan kaum muslimin untuk shalat, belajar ilmu, ber’ itikaf, berkumpul dan membahas kepentingan kepentingan masyarakat, baik untuk kemaslahatan bersama maupun untuk individu.

Shalat jamaah di masjid, Masjid merupakan tempat yang paling efektif untuk membekali diri dengan berbagai potensi yang mendukung terciptanya kehidupan yang ideal dan berkualitas. Masjid merupakan sumber penyelamat dari kehinaan dan kemaksiatan. Masjid merupakan kekuatan luar biasa yang dapat membantu seseorang untuk selalu sanggup bertahan dan membukakan bagi dirinya pintu harapan dan cita cita….

Shalat jamaah di rumah boleh saja, akan tetapi di Masjid lebih utama

Shalat jamaah dan keutamaannya

Shalat jamaah di masjid bagi laki-laki – Ketika anda mendengar suara adzan dan bergegas menuju rumah Allah (masjid) dalam keadaan suci, maka tiadalah setiap langkah yang anda ayunkan , kecuali dapat menghapus dosa-dosa anda dan mengangkat derajat anda. Sebagaimana diberitakan oleh Rasullullah SAW bahwa diantara hal hal yang disunahkan adalah shalat Tahiyyatul Masjid dua rakaat setiap kali masuk masjid dan dikerjakan sebelum duduk, kemudian anda dipersilahkan untuk mengerjakan shalat sunat rawatib yang anda kehendaki. Apabila kalimat kalimat iqamah dikumandangkan sebagai berikut :

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Kalimat iqamah

Maka anda telah memasuki tanda tanda shalat jamaah.

Shalat jamaah merupakan pemandangan yang indah dan menyenangkan melihat barisan barisan yang rapi dibelakang satu iman. Barisan itu seperti bangunan yang kokoh. Gerakan gerakan mereka sangat tergantung kepada Imam. Apabila sang Imam rukuk maka rukuk lah mreka, Apabila sang Imam berdiri maka berdirilah mereka, dan apabila sang Imam bersujud maka bersujudlah mereka. Mereka tidak boleh menyamai Imam, mendahuluinya atau tertinggal darinya, tetapi mengikutinya saja.

Allah mengabadikan pemandangan yang menakjubkan ini dalam sebuah surat Al-Quran yang biasa dibaca Nabi Muhammad SAW, yaitu surat ash-Shaffat ( yang ber shaf-shaf).
Allah berfirman “Dan sesungguhnya Kami benar-benar bersaf-saf (dalam menunaikan perintah Allah). Dan sesungguhnya kami benar-benar bertasbih (kepada Allah)” (QS. ash-Shaffat:165-166)

Manfaat Shalat Jamaah di Masjid Bagi kaum Muslimin

Shalat Jamaah – Imam Ibnul Qayyim dalam kitabnya ” Kitab ash-shalah” memberikan penjelasan yang detail tentang maslahat dan manfaat Shalat Jamaah. Diantaranya adalh sebagai berikut :

1. Menumbuhkan kasih sayang diantara manusia, sebab perjumpaan dan uluran jabat tangan bisa menumbuhkan kecintaan dengan seseorang.

2. Saling mengenal satu sama lain, Jika ada orang baru biasanya akan terjadi perkenalan.

3. Menampakkan salah satu syiar Islam. Bahkan syiar Islam yang paling agung adalah Shalat. Sebab jika semua orang Islam shalat didalam rumah masing masing. Niscaya tidak akan diketahui bahwa shalat masih ada dimuka bumi ini.

4. Menunjukkan persatuan dan kesatuan diantara kaum muslim, masuk dan keluar masjid secara berjamaah.

5. Media belajar secara langsung bagi yang belum mengerti, yang belum mengerti tentang tata cara Shalat Jamaah bisa mencontoh dari orang disebelahnya, dengan mengikuti iman, dengan bertanya kepada sebelahnya atau langsung kepada Imam.

6. Melatih umat islam supaya menggalang persatuam dam tidak mudah terpecah belah. Sebab persatuan dapat mmebentuk kekompakan umat. Mereka bersatu dalam menaati pemerintah dan panglima perang sehingga terhindar dari pertikaian dan perselisihan.

Fenomena Shalat Jamaah merupakan gambaran persatuan kecil, dimana mereka mengikuti satu Imam secara sempurna, yang kemudian membentuk citra umum tentang Islam.

7. Melatih jiwa, Jika manusia telah terbiasa mengikuti seorang Imam secara terperinci, maka jiwanya akan terlatih untuk mengendalikan diri.

8. Mensyiarkan Shalat ditengah tengah manusia, seolah mereka berdiri dalam barisan jihad. Tidak diragukan lagi bahwa mereka yang berdiri dibarisan jihad, merupakan gambaran dari shaf shaf dalam shalat lima waktu. Mereka begitu sempurna mengikuti pemimpin mereka dalam barisan jihad. Tidak ada yang berani mendahului maupun terlambat dalam melaksanakan perintahnya.

9. Menumbuhkan rasa persamaan, Dimasjid berhimpun semua komponen masyarakat, mulai dari yang kaya sampai miskin, dari pemimpin sampai kepada yang dipimpin, dan dari pemerintah sampai kepada rakyat.Demikianlah sehingga tertanam dalam jiwa mereka rasa persamaan.

10.Ikut berempati terhadap orang orang yang miskin, orang yang ditimpa sakit, dan orang yang lalai dalam shalat.

11. Tujuan yang paling fundamental dari Shalat Jamaah adalah sama sama beribadah kepada Allah

12. Menimbulkan kesan seperti kondisi para sahabat.Seorang Imam merasa seolah olah dirinya berada di posisi Rasullulah SAW. sementara makmum merasa dirinya seolah olah di posisi para sahabat nabi. Tak diragukan lagi bahwa ikatan ini akan memberikan pengaruh yang kuat kepada umat Islam untuk selalu meneladani jejak para Ulama salaf dan mengikuti bimbingan mereka.

Keutamaan shalat jamaah di masjid
Inilah diantara simbol, tanda dan karakteristik Shalat Jamaah yang menjadikannya istimewa dibandingkan dengan amal amal ibadah lainnya.

Sumber : Indahnya Shalat Jamaah

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)