Mau Tahu Apa Sebenarnya Fungsi Knalpot Motor Itu?

Fungsi Knalpot Motor – Knalpot atau juga disebut saluran gas buang pada sepeda motor merupakan salah satu komponen wajib yang harus dimiliki oleh sebuah sepeda motor dengan mesin 4 tak atau 2 tak. Namun lain halnya pada sepeda motor listrik yang tidak mengeluarkan gas buang dari mesinya. Lalu apakah fungsi knalpot pada sebuah kendaraan sepeda motor itu? Mari kitas simak sedikit pembahasan berikut ini tentang Fungsi Knalpot Motor sebenarnya.

Pengaruh knalpot racing pada Motor

Fungsi Knalpot pada sepeda Motor

Istilah knalpot sendiri sebenarnya telah biasa kita dengar, karena komponen sepeda motor yang satu ini memang terlihat secara jelas dan biasa menempel pada bagian luar sebuah sepeda motor. Dan secara fungsi yang terlihat, knalpot berfungsi sebagai jalan keluar gas buang hasil sisa pembakaran pada mesin sepeda motor. Selain itu fungsi knalpot juga dapat meredam suara dari ledakan pembakaran mesin yang sangat keras didalam ruang sislinder. Jika kita sering kebengkel sepeda motor, terkadang kita lihat ketika seorang montir sepeda motor mencoba mesin motor tanpa yang belum dipasangi knalpot, maka suara ketika mesin motor dinyalakan akan terdengar suara yang sangat keras dai arah lubang pembuangan gas sisa pembakaran bahan bakar. Namun tahukah kita fungsi knalpot secara lebih mendalam? Jika penasaran maka ada baiknya kita simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Knalpot Motor Dan Bagian-Bagian Knalpot

Knalpot sendiri sebenarnya bukan hanya terdapat pada kendaraan sepeda motor dan mobil saja, akan tetapi knalpot juga digunakan pada hampir semua mesin yang menggunakan bahan bakar semacam bensin dan solar. Bahkan mesin kapal besar serta mesin-mesin industri yang mengeluarkan asap juga biasa menggunakan knalpot sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran. Hanya saja jika di pabrik-pabrik atau perusahaan knalpot biasa disebut sebagai cerobong asap. Dan sebelum beranjak kepada penjelasan tentang fungsi knalpot, ada baiknya kita simak dulu tentang bagian-bagian pada knalpot pada sepeda motor dan kendaraan bermotor yang lainnya, berikut penjelasannya :

Baca Yang Ini Juga : Daftar motor paling awet di indonesia hingga saat ini

Header Knalpot Motor

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Header adalah bagian pangkal knalpot yang ditempelkan paad siliner suatu mesin kendaraan bermotor. Jumlah hider sendiri akan mengikuti jumlah silinder yang digunakan oleh sebuah mesin kendaraan bermotor.

Harga header knalpot motor satria FU

Fungsi header knalpot motor

Secara jelas fungsi header knalpot adalah sebagai penghubung jalur lubang antara silinder dengan keseluruhan body knalpot yang digunakan untuk jalur pembuangan gas hasil sisa pembakaran bahan bakar didalam silinder mesin kendaraan bermotor.

Resonator Knalpot Motor

Bagian dari knalpot selanjutnya adalah Resonator, sementara resonator sendiri berfungsi sebagai pengolah kebisingan suara yang dihasilkan dari ledakan pembakaran pada mesin kendaraan bermotor. Sehingga bagian knalpot yang satu ini juga dapat disebut sebagai saringan knalpot. Sehingga dengan adanya bagian ini suara mesin yang memekakkan telinga dapat diredam.

Silencer Knalpot Motor

Bagian paling ujung pada sebuah knalpot dinamakan Silencer, dan fungsi silencer sendiri adalah sebagai peredam suara ledakan pembakaran secara lebih maksimal. Jika pada sepeda motor, antara silecer dan resonator menjadi satu, maka pada mobil antara resonator dan silencer in terpisah dimana resonator ini terletak pada bagian bawah tengah mobil.

Chamber Knalpot Motor

Bagian knalpot yang satu ini hanya terdpaat pada kendaraan bermotor yang menggunakan jenis mesin 2 tak. Untuk fungsi Chamber pada knalpot motor 2 tak adalah sebagai pemantul terhadap gas buang dari mesin. Ini karena pada mesin jenis 2 tak tidak menggunakan katup atau valve, sehinga setiap jenis mesin memiliki kriteria knalpot sendiri-sendiri. Dan jangan memaksakan memasang knalpot mesin 4 tak pada motor 2 tak anda atau hal sebaliknya.

Fungsi Silencer Knalpot

apa itu Silencer Knalpot

Selanjutnya kita akan melanjutkan pembahasan tentang Fungsi Knalpot Motor, dan dibawah ini telah kami siapkan pembahasannya.

Inilah 4 Fungsi Knalpot Motor Yang Belum Kita Ketahui

Suatu kendaraan bermotor pasti menggunakan yang namanya knalpot, karena fungsi dari knalpot ini demikian banyak meskipun ujudnya sepele. Bahkan dengan adanya knalpot yang memiliki desain bagus pada sebuah motor terkadang malah meningkatkan estetika desain pada sebuah motor itu sendiri. Dan berikut Fungsi Knalpot Motor yang akan kita bahas selanjutnya.

 

1 . Berfungsi meredam suara dari hasil pembakaran di ruang silinder

Ledakan dari pembakaran bahan bakar yang terjadi didalam ruang silinder akan menimbulkan suara yang sangat keras dan memekakkan telinga jika tidak diredam dengan knalpot. Sehingga Fungsi knalpot yang utama adalah sebagai peredam suara mesin yang keras agar lebih nyaman terdengar oleh telinga pengguna maupun orang disekitarnya pada saat motor dinyalakan.

2 . Berfungsi meningkatkan tenaga mesin motor

Selain sebagaiperedam suara mesin pembakaran, fungsi knalpot juga dapat meningkatkan tenaga yang dihasilkan mesin motor. Tentunya dengan desain knalpot yang sesuai dengan karakter mesin yang dipakai oleh motor tersebut. Jadi jika asal mengganti knalpot saja belum tentu akan meningkatkan tenaga mesin, atau malah yang terjadi justru sebaliknya.

3 . Berfungsi mengurangi pencemaran udara

Khususnya pada era sekarang ini dimana teknologi knalpot sudah semakin maju, maka fungsi knalpot selain 2 hal diatas juga dapat berfungsi sebagai penyaring gas buang agar semakin ramah lingkiungan. Teknologi knalpot yang telah menggunakan catalityc converter mampu membantu mengkonversi karbon hasil pembakaran agar semakin bersih sehingga dapat mengurangi pencemaran udara.

4 . Berfungsi sebagai ornamen yang akan mempercntik kendaraan

Secara kasat mata fungsi knalpot juga sebagai ornamen penghias yang menambah manis tampilan motor. Bahkan jenis motor tertentu menjadikan desain knalpot sedemikian rupa untuk menghasilkan kesan motor lebih gagah dan sporty.

Fungsi Knalpot Racing Pada Motor

Adapun knalpot racing yang sering kita kenal saat ini dan sering dugunakan oleh banyak pengguna sepeda motor di tanah air ini sebenarnya apakanh memiliki berfungsi utama seperti halnya yang telah dijelaskan diatas tadi?

Penggunaan knalpot racing yang sangat marak pasa saat sekarang ini, cukup membuat para pelaku bisnis aksesoris sepeda motor semakin mandapatkan untung yang banyak. Knalpot racing yang sering dipakai oleh pengguna motor sekarang ini bisa saja memiliki fungsi seperti yang tekah dijelaskan diatas tadi manakala menggunakan perhitungan volume gas buang dari hasil pembakaran mesin motor. Akan tetapi terkadang pengguna motor dalam mengaplikasikan knalpot racing pada motor kesayangannya sering tidak memperhatikan apa yang terjadi pada sekitar. Karena terkadang justru knalpot racing yang dipasag tidak jarang dapat menggangu pengguna kendaraan disekitar, karena suara keras yang ditimbulkan oleh knalpot racing yang dipasang. Namun smua ini kembali kepada kita masing-masing bagaimana kita bertanggung jawab terhadap diri kita dan lingkungan kita.

Dan sampai disini dulu ulasan tentang Fungsi Knalpot Motor pada kesempatan kali ini, trimakasih atas kunjungannya.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)