Mendeteksi Dini Gejala Awal Kanker Payudara

Gejala Awal Kanker Payudara- Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya,
sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali

Gejala Awal Kanker Payudara, Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara.Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000.
Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.Simak Gejala Awal Kanker Payudara berikut  ini.

Deteksi dini kanker payudara dengan sadari, deteksi dini kanker payudara pdf

Beberapa Gejala Awal Kanker Payudara yang bisa kita cek sendiri

Gejala Awal Kanker Payudara, ciri-ciri kanker payudara, hati hati bila anda merasakan gangguan pada puting payudara anda :

1. Gejala kanker payudara pada wanita, Payudara terasa nyeri,

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Biasanya pada wanita yang akan mengalami datang bulan payudara akan terasa kencang, ini terjadi karena adanya peningkatan hormon atau bisa juga nyeri payudara karena bra yang tidak pas atau terlalu sesak. Cobalah pegang payudara anda jika ada benjolan diputing bisa jadi tanda adanya kista atu bahkan kanker.

2. Gejala kanker payudara, Ada ruam kemerahan diseputar aerola (puting)

Ruam ini bisa terjadi karena adanya kelenjar minyak atau susu diseputar puting. Jika terdapat luka atau gatal yang sulit hilang . Dan timbul luka atau borok. Borok itu semakin lama akan semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara, sering berbau busuk, dan mudah berdarah. Ini juga termasuk Gejala Awal Kanker Payudara, segera periksakan diri anda kepada ahlinya

3. Gejala Awal Kanker Payudara bisa jadi adanya cairan bening atau putih yang keluar dari puting payudara anda.

Sangat umum terjadi jika saluran susu mengeluarkan sedikit cairan saat payudara distimulasi, Jika cairan yang keluar berupa darah. Waspadalah, bisa jadi ada infeksi bagian dalam puting.

4. Puting payudara anda masuk kedalam.

Jaringan penghubung antara puting dan saluran susu tertarik kedalam, dalam keadaan normal puting akan keluar dengan sendirinya. JIka puting yang masuk kedalam tak keluar lagi. Ada indikasi atau Gejala Awal Kanker Payudara.

Gejala Awal Kanker Payudara dan Strategi Pencegahannya

Melihat Gejala Awal Kanker Payudara maka Pada prinsipnya, strategi pencegahan untuk menekan penderita kanker payudara mutlak diperlukan. Cara mencegah kanker payudara :

Hampir setiap epidemiolog sepakat bahwa pencegahan yang paling efektif bagi kejadian penyakit tidak menular adalah promosi kesehatan dan deteksi dini.Begitu pula pada kanker payudara, pencegahan yang dilakukan antara lain berupa:

Pencegahan primer

Gambar kanker payudara
Pencegahan primer pada Gejala Awal Kanker Payudara/ kanker payudara  merupakan salah satu bentuk promosi kesehatan karena dilakukan pada orang yang “sehat” melalui upaya menghindarkan diri dari keterpaparan pada berbagai faktor risiko dan melaksanakan pola hidup sehat.

Pencegahan primer ini juga bisa berupa pemeriksaan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) yang dilakukan secara rutin sehingga bisa memperkecil faktor risiko terkena kanker payudara.
Pencegahan sekunder

Pencegahan sekunder pada Gejala Awal Kanker Payudara, dilakukan terhadap individu yang memiliki risiko untuk terkena kanker payudara. Setiap wanita yang normal dan memiliki siklus haid normal merupakan populasi at risk dari kanker payudara – penyebab kanker payudara.
Pencegahan sekunder dilakukan dengan melakukan deteksi dini. Beberapa metode deteksi dini terus mengalami perkembangan.

  • Wanita yang sudah mencapai usia 40 tahun dianjurkan melakukan cancer risk assessement survey.
    Pada wanita dengan faktor risiko mendapat rujukan untuk dilakukan mammografi setiap tahun.
    Wanita normal mendapat rujukan mammografi setiap 2 tahun sampai mencapai usia 50 tahun.

Foster dan Constanta menemukan bahwa kematian oleh kanker payudara lebih sedikit pada wanita yang melakukan pemeriksaan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dibandingkan yang tidak.
Pencegahan tertier

Gejala Awal Kanker Payudara- Pencegahan tertier biasanya diarahkan pada individu yang telah positif menderita kanker payudara. Penanganan yang tepat penderita kanker payudara sesuai dengan stadiumnya akan dapat mengurangi kecatatan dan memperpanjang harapan hidup penderita.

Pencegahan tertier ini penting untuk meningkatkan kualitas hidup penderita serta mencegah komplikasi penyakit dan meneruskan pengobatan. Tindakan pengobatan dapat berupa operasi walaupun tidak berpengaruh banyak terhadap ketahanan hidup penderita.

Bila kanker telah jauh bermetastasis, dilakukan tindakan kemoterapi dengan sitostatika. Pada stadium tertentu, pengobatan yang diberikan hanya berupa simptomatik dan dianjurkan untuk mencari pengobatan alternatif dengan obat herbal kanker payudara.

Semoga artikel deteksi dini Gejala Awal Kanker Payudara, akan membantu buat kaum wanita agar selalu menjaga kesehatan tubuhnya.

 

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)