Menjaga Kesehatan Mental – 11 Kebiasaan Buruk Yang Menggangu Kesehatan Mental

Menjaga Kesehatan Mental – 11 Kebiasaan Buruk Yang Menggangu Kesehatan Mental manusia.

Depresi biasanya terjadi diluar kontrol kita seperti misalnya kematian orang yang kita kasihi, dipecat dari pekerjaan, putus dengan kekasih karena perselingkuhan , atau karena masalah keuangan dll.

Akan tetapi satu pilihan hidup sekecil apapun itu tanpa anda sadari akan sangat berpengaruh pada suasana hati anda. Sosial media, berolah raga bahkan cara anda berjalan dapat mendekatkan bahkan menjauhkan anda dari kebahagiaan setiap harinya.

Berikut ini adalah 11 kebiasaan buruk yang biasa kita lakukan dan tanpa kita sadari akan mengganggu kesehatan mental kita.

Tips Menjaga Kesehatan Mental – 11 Kebiasaan buruk yang merusak suasana hati

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental agar terjadi keserasian yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian diri antara individu dengan dirinya sendiri dan lingkungannya berdasarkan keimanan dan ketakwaan serta bertujuan untuk mencapai hidup bermakna dan bahagia di dunia dan akhirat.

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Berikut ini adalah 11 kebiasaan buruk yang harus kita ubah untuk Menjaga Kesehatan Mental kita :

Kesehatan mental dalam psikologi1. Lebih memilih begadang daripada tidur

Tidur dapat mempengaruhi apapun. Termasuk kemampuan emosional, mental dan fungsi. Dengan tidur adalah cara tubuh kita untuk melakukan regenerasi, tanpa tidur maka yang terjadi adalah kerusakan sistem tubuh.

Mulailah untuk mengubah kebiasaan pergi pada malam hari, malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat, setelah seharian bekerja. Jika anda termasuk orng yang susah tidur, Cobalah cari tahu alasan anda susah tidur, kemudian lakukan langkah langkah tertentu agar suasana lingkungan sekitar anda tenang dan anda bisa tidur dengan nyenyak.

2.Berjalan Membungkuk

Apa yang kita rasakan sangat berpengaruh pada cara kita berjalan, menurut penelitian seseorang yang berjalan dengan bahu membungkuk  , dan dengan gerakan lengan minimum , mereka mengalami suasana hati yang lebih buruk daripada mereka yang berjalan sebaliknya. Maka yang terbaik anda lakukan adalah mengangkat dagu anda, berjalanlah dengan tegap dan penuh percaya diri. Aura positif akan memancar dalam diri anda sehingga hari anda akan terlewati dengan menyenangkan , apapun yang sedang anda alami.

3. Selalu mengambil gambar dari tiap moment

Pada era sosial media seperti saat ini, kebiasaan memotret kemudian meng uploadnya ke sosial media ternyata tidak selalu menimbulkan hal positif. Kadang kadang kita lupa dengan apa yang ada didepan kita. Karenanya Fokuslah jika sedang memotret, tapi akan lebih baik lagi jika kita duduk diam mengamati dan menikmati keindahan benda yang ada didepan kita. Hal ini akan membuat kita lebih kuat secara mental.

4. Malas berolahraga

Jika saja anda aktif berolahraga seminggu tiga kali itu akan menurunkan resiko depresi sebanyak 19 persen.Menurut penelitian orang yang aktif resiko mengalami depresi sangat kecil. Mulailah berlatih dan bergerak, tidak butuh waktu lama kok! tapi manfaatnya sangat terasa. Berjalan ke kantor jika mungkin, hindari pake lift usahakan naik turun tangga. Aktivitas apapun akan membantu pikiran anda tetap bergerak. dan itu sehat!!!

5.Menunda sesuatu

Kebiasaan menunda nunda pekerjaan sangatlah tidak baik, karena akan membuat semunya menjadi lebih rumit . Jika alasan menunda karena bosan maka rehat sejenak untuk beberapa saat, Jika anda takut karena tidak yakin bisa mengerjakannya maka menunda akan membuat tugas tersebut jadi makin menegangkan buat anda.  Tapi anda tidak boleh melalaikan tugas anda, karena itu akan membuat anda menjadi orang yang tidak bertanggung jawab bukan??

Cobalah kurangi kecemasan anda dengan mendengarkan musik, dengan berlari, dan aktivitas lainnya yang bisa menghancurkan kecemasan anda.

6.Hubungan dengan pasangan yang tidak harmonis.

Perasaan tidak percaya akan pasangan, anda merasa pasangan anda adalah seorang yang egois, tidak kompeten dll . Hal ini tanpa disadari akan memicu terjadinya depresi. Jika ini terjadi pada hubungan yang sekarang anda jalani saat ini. Mulailah untuk meminta bantuan profesional, atau bisa saja lebih dulu berkomunikasi dengan keluarga atau dengan teman dekat untuk menyelesaikan masalah ini.

Pengertian Kesehatan mental7. Jangan menganggap hidup ini terlalu serius

Nikmatilah apa yang ada didepan anda, Selalu bersyukur dengan apa yang anda miliki saat ini. Percayalah bahwa semua yang ada didunia ini tidak ada yang kekal, semuanya hanya titipan.

Penelitian menyebutkan bahwa tertawa bisa menjadi obat mujarab untuk kesehatan mental. Mulailah mencari tayangan tayangan yang bisa menghibur anda, bisa membuat anda tertawa. Berkumpul dengan teman teman yang bisa membuat suasana menjadi lebih rileks dan tenang.

8.Selalu sibuk

Jika anda seorang ibu, seorang istri yang bekerja ataupun dirumah, anda akan selalu dikelilingi dengan segala aktivitas dan kegiatan rutin kantor maupun rumah tangga. Carilah waktu meski hanya 10 menit, satu jam atau bahkan satu hari untuk diri anda sendiri. Tanpa meluangkan waktu untuk diri sendiri maka berangsur angsurkecemasan akan datang merayap.

9. Anda tidak benar benar berkomunikasi

Anda sangat tergantung dengan teknologi, banyaknya media sosial dan perangkat canggih yang memungkinkan orang untuk saling berhubungan tanpa ber tatap muka, membuat komunikasi menjadi tidak berkualitas. Sangat berbeda jika kita bisa mengobrol sambil Duduk bersama , dan benar benar berbicara face to face dengan teman, saudara maupun partner. Mulailah luangkan waktu untuk bertemu dengan orang orang terdekat minimal seminggu sekali.

10.Anda tak bisa hidup tanpa HP

Fitur yang canggih dan beragam kemudahan yang kita dapatkan dari handphone, membuat kita tak bisa lepas dari HP. Kapan terakhir kali anda benar benar bebas dari Handphone? tak ingat bukan ?

Jika anda selalu memegangnnya, kapan anda punya waktu untuk benar benar beristirahat, secara fisik maupun pikiran. Akhirnya yang terjadi adalah kecemasan yang melanda atau depresi. Buatlah kesepakatan untuk diri sendiri dengan menjauhkan diri dari perangkat elektronik minimal seminggu sekali atau setengah hari dalam sehari.

11.Kita melakukan pekerjaan secara bersamaan

Penelitian mengatakan bahwa dengan melakukan pekerjaan secara bersama sama membuat kita lebih produktif misalnya kita makan sambil membuka facebook, membaca teks teks didalamnya, sesekali mata memperhatikan televisi. Aktivitas seperti ini hanya akan menimbulkan stress, kita tidak menyadari situasi lingkungan disekitar kita, dan tidak ada komunikasi yang benar benar efektif.

Mulailah memperbaiki keadaan ini sesekali matikan televisi, log out dari medsos anda, letakkan Hp anda. Biarkan otak anda memproses segala sesuatu yang terjadi disekitar anda tanpa perlu menyiarkannya ke semua media sosial. Ini akan menjadi hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk kesehatan mental anda.

Menjaga Kesehatan Mental – Mulailah untuk memperbaiki kebiasaan buruk dalam diri anda

Mulailah untuk memperbaiki kebiasaan buruk yang selama ini anda lakukan, demi kebaikan dan kesehatan mental anda. Hidup harus kita jalani dengan nyaman dan berkualitas, karena kesempatan kita hanya sekali saja dan alangkah sayangnnya jika harus berlalu begitu saja.

Demikianlah 11 kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yang tentunya tidak baik untuk tetap dipertahankan. Menjaga Kesehatan Mental dan pikiran sangat penting agar hidup yang kita jalani lebih bermanfaat dan berarti untuk diri sendiri juga untuk kebaikan dan kebahagiaan orang orang disekitar kita.

Sumber :Menjaga Kesehatan Mental

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)