Menjernihkan Pikiran Dengan Alam Wisata Jogja….

Beberapa obyek Wisata Jogja yang masuk dalam kategori wisata alam antara lain:

  1. Waduk Sermo

foto tempat wisata di indonesiaJika anda wisata ke jogja, jangan lupa untuk singgah ke waduk sermo. Waduk yang berada di wilayah kulon progo ini diresmikan tahun 1996 Oleh presiden kedua RI HM. Soeharto yang saat itu gencar gencarnya membuat sistem irigasi disekitar wates dan sekitarnya dalam rangka untuk memajukan pertanian nasional….

Lokasi wisata jogja ini berada di bukit menoreh, desa hargowilis kec, Kokap. Berjarak sekitar 6 km dari wates. Akses menuju lokasi wisata ini juga sangat mudah karna jalan yang bagus sehingga memudahkan bagi pengendara roda dua atau empat untuk sampai kesana, karena letaknya diperbukitan maka jalannya berkelok kelok, sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah, juga udara disekitarnya yang masih alami dan sangat sejuk….

Jika anda suka memancing, anda bisa menyalurkan hobi itu dengan gratis diwaduk sermo ini. Aktivitas lainnya yang biasa dilakukan disini adalah duduk duduk santai menikmati semilir angin dipinggir waduk, atau mungkin berkendara dengan mobil mengelilingi waduk….

2. Objek wisata jogjakarta – Lereng merapi

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

tempat wisata di kota jogjaMerupakan gunung api paling aktif di indonesia, Dengan ketinggian mencapai 2968 meter gunung ini cukup berbahaya karena ancaman bencana yang bisa terjadi setiap saat. Meski demikian merapi juga memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi wilayah disekitarnya.

Material merapi sangat bermanfaat untuk pembangunan, juga dengan produk pertanian yang dihasilkan dari lahan yang subur dari sekitar merapi. Yang tak ketinggalan adalah pariwisata yogyakarta yang berkembang dengan pesat yang tentunya sangat membantu perekonomian warga sekitar….

Jika anda berkunjung kelereng merapi, beberapa lokasi wisata yang bisa anda datangi antara lain:

  • Bungker kaliadem, Dibangun pertama kali pada 2005 didesa kaliadem. Dengan ukuran 12×8 m dan berada dikedalaman 3 m dibawah tanah, bungker ini dilengkapi dengan tabung oksigen, lampu juga tersedia kamar mandi didalamnya. Meski telah dua kali tertimbun material letusan, bunker ini tetap tegak berdiri. Pemandangan dari tempat ini sangat bagus, ditumbuhi bunga edelweys…sangat cocok untuk berfoto bersama pasangan atau keluarga.
  • Makam mbah marijan, semua orang pasti mengenal beliau. Dialah penjaga merapi selama bertahun tahun. Tak sedikit orang yang menganggapnya pahlawan sehingga banyak peziarah datang kemakam beliau untuk mendoakannya….
  • Kali opak ,adalah salah satu sungai yang terletak dilereng merapi yang dialiri lahar panas pada saat erupsi 2010
  • Museum sisa hartaku, adalah sebuah rumah yang menjadi saksi besarnya erupsi merapi 2010. Yang menarik dari tempat ini adalah adalah sebuah jam yang menunjukkan datangnya musibah itu yaitu jam 12 malam lebih lima menit pada malam jumat kliwon tanggal 5/12/2010
  • Batu Alien, Disebut demikian karena wujudnya seperti wajah manusia. Konon warga sekitar percaya jika ekspresi wajah manusia ini menunjukkan kesedihan karena bencana besar merapi 2010
  • Wisata kali kuning, adalah sumber mata air yang ada dilereng merapi. Air yang ada didalamnya sangat jernih sehingga ikan ikan kecil terlihat….sungguh kegiatan yang menyenangkan saat anda masuk kekali ini. Suasana indah disekitar kali membuat kita betah berlama lama di tempat ini….

3. Tempat wisata menarik di jogja berikutnya adalah gunung nglanggeran

pariwisata-di-jogjaLokasi Nglanggeran ini berada di ds. Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Merupakan salah satu dari 10 tempat wisata di yogyakarta yang cocok untuk wisatawan berjiwa petualangan dan ingin dekat dengan alam…

Tahukah anda bahwa ada sebuah legenda yang sampai sekarang dianut oleh penduduk yang tinggal dipuncak  nglanggeran tepatnya di di tlogo Mardidho, dusun Nglanggeran wetan bahwa ditempat itu hanya boleh ditinggali oleh 7 kepala keluarga saja. Jadi jika kita datang kesana kita hanya akan menemukan 7 buah rumah saja….

Sebelumnya Gunung nglanggeran adalah sebuah gunung aktif, tapi sekarang sudah dinyatakan tidak berbahaya lagi, Nglanggeran terdiri atas bongkahan  super besar dengan ukuran 800 m dan tinggi mencapai 300 m, panorama alam dan keindahannya mengundang decak kagum para pengunjung…

Di tempat pariwisata di yogyakarta ini, anda bisa melihat sunset dan sunrise. Anda juga bisa menikmati keindahan malam dari gardu pandang yang digunakan untuk melihat semua keindahan itu dari ketinggian. Disamping panoramanya, hal menarik yang bisa anda lakukan adalah aktifitas panjat tebing, atau rock climbing yang penuh dengan tantangan juga kemping di bukit nglanggeran…

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini bawa kendaraan sendiri karena belum ada angkutan umum untuk menuju kesana, Rute yang bisa anda pilih adalah Dari Wonosari : Bunderan Sambipitu – Dusun Bobung – Desa Nglanggeran.
Dr pusat kota Yogyakarta : Bukit Bintang Patuk – Radio GCD FM – Desa Ngoro-oro – Desa Nglanggeran.

Untuk masuk kekawasan lokasi wisata di jogja ini juga terbilang sangat murah, Hanya 3000 untuk sore hari dan 5000 saat malam. Jangan khawatir dengan fasilitasnya, ditempat ini sudah terdapat MCK, rumah tinggal, masjid, berbagai macam makanan , balai pertemuan dlll

4. Daftar tempat wisata di yogyakarta selanjutnya adalah puncak suroloyo.

tempat-wisata-menarik-di-yogyakartaWisata indonesia terbaik puncak suroloyo, terletak di perbukitan menoreh , Yogja. Dengan tinggi hampir 2000 m terbentang antara yogja dan Jateng. Merupakan puncak tertinggi perbukitan, dari tempat ini anda akan melihat keindahan candi borobudur yang ada di magelang. …..puncak suroloyo merupakan titip pertemuan 4 gunung yaitu merapi, merbabu, sindoro, sumbing.

Yang unik dari puncak ini adalah sebuah cerita yang berkisah tentang seorang pangeran kerajaan mataram bernama raden mas rangsang yang menerima petunjuk akan menjadi pemimpin bumi jawa. Kemudian ia melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dari arah keraton menuju arah barat, tapi akhirnya tak berdaya karena lelah. Dalam alam bawah sadar itulah, ia kembali menerima petunjuk agar kelak saat bergelar sultan agung dia akan melakukan tapa brata ditempat tersebut, tempat itu kemudian diberi nama puncak suroloyo

Akses menuju puncak bisa ditempuh  melewati Jalan Godean – Sentolo – Kalibawang dan rute kedua melalui Jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang. Tidak mudah untuk mencapai puncak suroloyo , anda akan melewati jalan berkelok dan tanjakan yang tajam, jalan naik turun sehingga untuk mobil harus sangat berhati hati. Setelah melewati perjalanan yang berliku selanjutnya adalah melewati 290 anak tangga …..wow !!! sangat melelahkan memang tapi ketika sudah mencapai puncak, rasa capek anda akan menghilang dengan adanya panorama keagungan Tuhan yang luar biasa dan hawa sejuk dan semilir angin….

5. Air terjun sri gethuk

tempat wisata terkenalMerupakan salah satu Tempat wisata terbaik di yogyakarta yang perlu mendapatkan penanganan lebih maksimal agar bisa dikenal secara nasional.  Berlokasi di ds bleberan, kec playen, Gunung kidul Yogya. Cukup dekat dengan pusat kota sekitar 40 km saja.

Siapa sangka jika didaerah gunung kidul yang terkenal tandus ada sebuah air terjun yang airnya berlimpah dan selalu mengalir tanpa mengenal musim. Ada tiga mata air yang muncul dari dalam tanah yaitu sumber mata air Dong Poh, Ngandong dan Ngumbul. Seluruh aliran airnya masuk melalui tebing tinggi yang kemudian mengalir ke dalam Sungai Oya, sungai yang tidak pernah kering Sehingga setiap saat wisatawan bisa datang ketempat ini.

Anda dapat berenang ditempat ini. Jika Anda tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir karena di sini juga terdapat jasa penyewaan ban dengan biaya sekitar  2.000 saja. Jadi Anda masih bisa menikmati kesegaran air terjun Sri Gethuk. Anda juga bisa menyusuri kawasan air terjun dengan menyewa kapal dengan biaya sekitar 5.000 per orang. Selain itu di tempat ini juga tersedia kolam pemancingan serta beberapa warung makan.

Akses ke air terjun sri gethuk dari pusat kota Yogyakarta, anda akan melewati jl. wonosari menuju bukit pathuk, dipertigaan gading anda memilih arah kanan menuju playen, dari sini anda kemudian belok kekanan menuju kec. palihan.Dari palihan ada pertigaan , anda belok kekanan, dari sana selanjutnya akan ditemukan papan penunjuk jalan yang mengarah ke lokasi air terjun.  Kira kira 7 km lagi anda sudah sampai dititik lokasi

Jam buka obyek wisata air terjun sri gethuk mulai jam 8 pagi ingga jam 4 sore. Biaya tiket 30.000

Bukan hanya tempat wisata di jogja kota yang bisa kita datangi, tapi banyak sekali daftar wisata di jogja yang berada diluar pusat kota, seperti misalnya kulon progo dan gunung kidul…

Tempat wisata indonesia terbaik juga bisa anda lihat disini...

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)