Menstruasi sakit ? Berikut tips untuk menghilangkannya

Cara menghilangkan sakit saat menstruasiMenghilangkan sakit saat menstruasi

Rasa sakit semasa haid terjadi karena kram pada perut bagian bawah, yang kadang diikuti dengan rasa ngilu yang datang dan pergi, bahkan juga sakit pada bagian punggung.

Memang banyak yang mengatakan bahwa rasa sakit karena menstruasi itu adalah hal yang biasa , Namun kalo berlebihan tentu sebaiknya dikonsultasikan ke dokter yang ahli dibidang itu.

Itu karena para remaja banyak yang tidak masuk sekolah karena rasa sakit saat haid. Pada rasa sakit yang berlebihan cobalah anda amati kapan rasa itu terjadi, Berikut penjelasan terjadinya sakit saat menstruasi

Kapan Waktu Terjadi sakit saat menstruasi

Pada wanita sehat yang mengalami rasa sakit pada masa awal haid, besar kemungkinan nya hanya disebabkan oleh aktivitas hormonal yang meningkat seperti hormon prostaglandin.

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Kalo rasa sakit itu terjadi sesudah haid yang normal, maka seringkali penyebabnya adalah adanya masalah pada rahim, seperti gangguan endometriosis.

Kalo anda masih bisa menghindari obat obatan penghilang rasa sakit karena menstruasi cobalah beberapa cara sederhana dibawah ini:

Tips menghilangkan sakit saat menstruasi

Agar menstruasi tidak sakitCobalah lakukan beberapa car dibawah ini untuk membuat agar menstruasi tidak sakit,

  1. Hangatkan daerah perut bagian bawah dengan kompres hangat secara teratur saat haid tiba
  2. Lakukan pemijatan dengan gerakan berputar di area perut bagian bawah, gunakan telapak tangan dan jari jari untuk membuat gerakan itu sambil ditekan seperlunya. Kecepatan gerakan itu harus makin hari makin bertambah, sehingga menjadi 50-60 kali permenit.
  3. Minumlah berbagai minuman hangat yang menghangatkan badan. Untuk itu buatlah minuman kunyit asem, caranya pilih kunyit segar dan bermutu baik, kupas, iris. Rebus dalam air mendidih, kecilkan api, lanjutkan pemanasan selama 15 menit. Bisa ditambahkan madu dan minum 250 mililiter tiga kali seminggu mulai sebelum masa haid. Kandungan senyawa dalam kunyit bekerja sebagai antiradang dan analgesik yang membantu mencegah rasa sakit.
  4. Perhatikan diet setiap hari, yaitu dengan konsumsi berbagai karbohidrat komplek seperti gandum, havermot, buah dan sayur. Kurangi konsumsi gula, garam, kafein dan alkohol
  5. Lakukan gerakan ringan yaitu mengangkat kedua kaki keatas lurus saat berbaring
  6. Tambahkan vitamin B kompleks dan suplemen yang mengandung unsur magnesium setiap hari.
  7. Lakukan gerakan olah raga yang memusatkan gerakan pada gerakan pinggul setiap harinya.
  8. Pilih gerakan yoga untuk relaksasi agar keseimbangan hormonal selalu terjaga dengan baik sebelum maupun sesudah masa haid
  9. Bagi yang berat badannya berlebih, segera lakukan penurunan berat bada dengan menambah porsi olah raga

Semoga informasi dan Tips menghilangkan sakit saat menstruasi bermanfaat buat sist and bunda ya…..

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)