Merawat Tangan Agar Cantik dan Sehat

Merawat tanganTangan adalah bagian tubuh manusia yang tidak pernah berhenti bekerja, kecuali saat tidur. Pemakaian tangan sangat beragam, mulai dari aktivitas kantor , mulai mengetik sampai dengan mencuci didapur dan kamar mandi. Sayangnya banyak diantar kita melupakan merawat tangan  secara lebih serius terutama pada bagian yang mudah dilihat yaitu jari dan kuku. Hal itu menyebabkan ujung kuku terlihat kusam, bahkan warnanya gelap dibandingkan bagian punggung telapak tangan lainnya.

Merawat Tangan Agar Cantik dan Sehat – Keadaan menjadi lebih parah pada pengendara sepeda motor yang tidak rajin memakai kaos tangan, akibatnya kita menjadi sering melihat seseorang dengan wajah yang terawat tetapi bagian tangannya tampak gelap dan kuku tangan menghitam karena kotoran.

Mengingat kebersihan tangan menentukan karakter pemiliknya, maka saatnya bagi kita untuk merawatnya. Tidak perlu pergi kesalon karena mudah pengerjaannya. Selain itu pemakaian bahan alamnya mudah didapat, hasilnya pun dijamin memuaskan. Berikut penjelasan mengenai merawat tangan .

5 Langkah merawat tangan dengan mudah

Untuk merawat tangan secara alami, ada 5 langkah yang bisa dilakukan antara lain :

  1. Menggosok Tangan

Kita merasa terganggu dengan mengerasnya bagian bagian tepi kuku tangan dan itu pasti karena kurangnya kelembapan. Daerah tangan hanya memiliki sedikit kelenjar minyak, karena itu perlu diperhatikan kelembapannya. Cara termudah adalah oleskan pelembab secara terus menerus dan lebih diutamakan bahan berkualitas yang paling manjur adalah minyak zaitun dati kualitas extra virgin olive oil.

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Memakai Handscrub, yaitu produk yang digunakan untuk membuat tangan terlihat halus. Penyebabnya adalah kemampuan scrub menganggkat sel kulit mati sehingga sel sel baru bisa terbentuk lebih cepat. Meskipun hand scrub mudah dibeli tetapi membuatknya sendiri akan menyenangkan.

Bahan bahan scrub untuk merawat tangan  :

  • Setengah cangkir gula pasir
  • Setengah cangkir epsom salt
  • 5 tetes minyak atsiri lemon
  • 3 sendok makan minyak zaitun, campur semua bahan aduk sampai tercampur sempurna simpan dalam wadah kering dan bersih.

Cara memakai hand scrub untuk merawat tangan  :

Cuci tangan dengan bersih kemudian ambil 2-3 sendok scrub yang langsung dioleskan , gosok sambil dipijat diseluruh tangan sampai ujung jari. Setelah 20 menit bilas denga air hangat dan keringkan. Garam epsom bekerja sebagai anti radang, anti jamur dan membantu mengatasi pegal linu dan persendian.

  1. Krim Tangan

Banyak jenis krim tangan dijual bebas dipasaran, tapi disini kita akan membuatnya sendiri dari bahan bahan alam yang kaya akan kandungan zat berkhasiat.

Bahan utama krim untuk merawat tangan adalah:Lilin lebah, minyak zaitun, bubuk boraks dan air.

Setengah sendok teh serbuk boraks dituangkan dalam seperempat cangkir air panas, aduk. Setengah cangkir minyak zaitun dan 2sendok teh parutan lilin lebah dicampur dalam wadah dan dipanaskan di microwave selama 2 menit sampai lilin meleleh. Selanjutnya campuran minyak zaitun , campuran boraks dan air dimasukkan dalam blender aduk dalam kecepatan sedang. Kalo sudah tercampur tingkatkan kecepatan pemutaran blender hingga tercampur dengan baik. Pindahkan dalam wadah bersih dan biarkan. Krim pun siap dipakai dengan cara dioleskan pada tangan disertai pijatan. Lakukan dua kali seminggu. Lilin lebah mengandung banyak zat yang menyehatkan kulit seperti anti infeksidan anti radang. Boraks bekerja sebagai antiseptik, astringen dan anti jamur.

  1. Perawatan sepanjang malam

Agar kelembapan kulit terjaga tidak ada salahnya mengoleskan masker dan dibiarkan sepanjang malam. Bahan bakunya mengandung zat yang memang bekerja untuk menghaluskan kulit yaitu :

  • 2 sendok makan yogurt tanpa rasa
  • Minyak zaitun satu setengah sendok teh
  • Setengah sendok teh minyak vitamin E

Campur semua bahan sampai terbentuk lotion, oleskan diarea tangan dan dipijat biarkan sepanjang malam. Cuci keesokan harinya dan sesudah itu kita dapat mengoleskan krim tangan.

  1. Kuku yang kuat

Merawat tangan jangan lupa memperhatikan kuku,

Bayangkan kuku tangan kita mudah patah dan meninggalkan sisa kuku yang bentuknya tidak beraturan. Bagaimana mendapatkan kuku yang kuat, Rawatlah dengan produk buatan sendiri.

2 sendok teh minyak zaitun, Setengah sendok teh jus lemon.

Campurkan keduanya kedalam botol tertutup rapat. Kocok kuat. Ambil sedikit , pijatkan pada daerah kuku dan biarkan lima menit.

  1. Kutikula perlu dirawat

Kutikula adalah bagian tepi dan dasar dari kuku yaitu yang penting sebagai pertahanan kuku terhadap masuknya berbagai kuman penyebab penyakit.

Merawat tangan dengan memperhatikan kutikula

Sayang kita acapkali mengabaikan manfaatnya dan malah mengoreknya agar dasar dan tepi kuku terlihat bersih. Cara ini salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit kuku yang tidak mudah diatasi, Cara merawat tangan dan kutikula adalah dengan membubuhkan minyak zaitun pada cotton bud dan lakukan penggosokan area itu sambil mendorong kutikula.

Demikian cara mudah dan murah merawat tangan  agar cantik dan sehat, semoga manfaat ya sist and bunda………..

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)