Ramuan Tradisional Alami – Pengertian dan Cara Pembuatannya

Ramuan Tradisional Alami telah menjadi pengobatan alternatif dalam dunia medis modern saat ini. Disebut alternatif karena ada kecenderungan gaya hidup back to nature yang semakin menyebar. Selain tentu saja khasiatnya yang sudah dibuktikan secara turun temurun oleh nenek moyang kita jaman dahulu.

Pengertian Ramuan tradisional alami

Ramuan tradisional alamiRamuan tradisional alami adalah media pengobatan alamiah dengan memakai tanaman sebagai bahan dasarnya. Ini adalah metode pengobatan tertua yang tetap mengacu pada tradisi kuno, disebut obat karena Ramuan tradisional alami terbuat dari berbagai jenis tanaman yang berkhasiat dan diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Nenek moyang kita sejak dahulu telah menekuni dan mengembangkan pengobatan dengan memanfaatkan aneka tanaman yang tumbuh subur di negeri ini.

Ramuan tradisional alami tidak hanya dikenal di tanah air kita. Beberapa negara dibelahan bumi juga memiliki cara pengobatan dengan menggunakan Ramuan tradisional alami berdasarkan budaya masing masing. Seperti Jepang, cina, indian dan korea.

Munculnya trend Gaya hidup “Back to Nature” membuat pengobatan menggunakan Ramuan tradisional alami tidak akan pernah hilang, bahkan akan makin digemari dan makin populer.

Beberapa kalangan medis saat ini banyak yang menganjurkan pengobatan dengan Ramuan tradisional alami , karena ada beberapa kasus penyakit yang tidak dapat sembuh dengan pengobatan modern, tetapi malah sembuh dengan Ramuan tradisional alami. Sehingga banyak yang mempublikasikan tentang keberhasilan Ramuan tradisional alami dalam mengobati suatu penyakit.Baik melalui media cetak atau televisi.

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Seseorang bisa memilih sendiri akan menggunakan metode pengobatan yang bagaimana yang cocok untuk diri dan tentu saja kesembuhannya. Ada kalanya suatu penyakit hanya bisa diobati dengan cara cara modern, tetapi ada kalanya juga pengobatan dengan Ramuan tradisional alami lebih mujarab dan manjur.

Pembuatan Ramuan tradisional alami

Tumbuhan atau tanaman yang bisa dijadikan Ramuan tradisional alami adalah yang telah terbukti mempunyai manfaat dan khasiat obat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Bagian dari tanaman yang dapat dijadikan ramuan sangat beragam. Mulai dari daun, batang, kulit, buah , biji serta akarnya. Jenis jenis tanamannyapun sangat banyak.

Contoh tanaman yang diambil daunnya, misalnya daun dewa yang memiliki khasiat mengobati akibat gigitan ular dan serangga, pendarahan pada wanita, peyudara begkak, batuk dan muntah darah. Dau bayam untuk mengobati kurang darah, atau dun kangkung untuk mengobati insomnia.

Contoh tanaman yang diambil kulitnya adalah kayu manis , selain dipakai untuk bumbu masak. Kayu manis bisa menyembuhkan anek penyakit seperti sesak nafas, batuk, nyeri lambung, diare dan rematik. Kulit batang srikaya bisa untuk menyembuhkan disentri.

Contoh tanaman yang diambil buahnya  dan dimanfaatkan sebagai bahan baku Ramuan tradisional alami  antara lain jeruk nipis, belimbing wuluh yang dipakai untuk menyembuhkan batuk, melegakan nafas dan mencairkan dahak.

Contoh tanaman yang diambil bijinya untuk pengobatan antara lain kecubung , biji kecubung diketahui mengandung alkaloid, antropin, dan scopolamine yang diyakini dapat mengobati asma. Contoh lainnya adalah biji mangga untuk mengobati mulas mulas.

Contoh tanaman yang diambil akar atau umbinya misalnya jahe  yang bisa digunakan untuk peluruh dahak, obat batuk, peluruh keringat, peluruh haid, dan penambah nafsu makan. Secara farmalogi Jahe dikaitkan dengan kandungan senyawa yang berefek pedas. Senyawa pedas mempunyai efek memacu reseptor termoregulasi yang akan mempengaruhi usus dan sekresi empedu secara reflektoris. Contoh lainnya adalah temulawak yang baik untuk lever dan biduren.

Perawatan tanaman obat juga sangat mudah , cukup disiram secara teratur dan diberi pupuk.

Bentuk Ramuan Tradisional Alami sangat sederhana biasanya berupa serbuk, seduhan, rajangan atau gilingan segar siap minum.

Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Ramuan Tradisional Alami adalah perhatikan baik baik resep yang dianjurkan , kemudian sediakan bahan yang diperlukan. Pastikan kondisi bahan seseuai yang dianjurkan , pengolahannya pun tidak memerlukan tempat khusus mauapun peralatan canggih, bahkan bisa dibuat di dapur rumah kita. Yang perlu diperhatikan adalah kebesihan dari bahan dan alat untuk mengolah Ramuan Tradisional Alami ini.

Proses pembuatan Ramuan Tradisional Alami :

  • Mula mula mencuci bersih semua peralatan yangdibutuhkan, ditiriskan atau dilap sampai kering.
  • Setelah itu bahan bahan ramuan  ducuci bersih juga, untuk akar dan umbi harus dicuci dengan cermat karena biasanya banyak tanah atau pasir yang menempel.
  • Cara meracik ramuan juga berbeda, ada yang di rebus, diparut, digiling atau ditumbuk, setiap cara akan menghasilkan jenis ramuan yang berbeda satu sama lain. Cara ini juga berhubungan dengan jenis penyakit dan cara peamakaian obat yang dihasilkan.

Ramuan tradisional alami untuk diet,  ramuan tradisional alami untuk penggemuk badan ,  ramuan tradisional alami untuk penyakit  jantung

Sumber :Ramuan Tradisional Alami

Comments

comments

One Response

  1. angel November 24, 2014 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)