Sejarah Kelam Perang Dunia 2

Perang Dunia 2 terjadi pada tahun 1942-1945, sejarah perang dunia 2.

Perang dunia ii terjadi pada tahun 1942-1945, 3 tahun peperangan tapi kehancurannya sungguh luar biasa.
Perang Dunia 2

Tahun 1940 hubungan antara amerika serikat dan jepang mulai renggang. Masalahnya karena Presiden Roosevelt tiba tiba menghentikan penjualan baja dan besinya ke Jepang. Sekitar musim dingin tahun 1940-1941, bahkan Jepang sudah tidak bisa membeli bahan bahan pentingnya dari Amerika. Inilah faktor yang memicu terjadinya Perang Dunia 2.

Perang dunia kedua- Ini tidak bisa lain artinya bahwa Jepang harus secepatnya menguasai Asia. Paling tidak melebarkan sayap kekuasaannya ke selatan yang kaya akan sumber alam, yakni Indonesia yang waktu itu dikuasai oleh Belanda dan disebut Hindia Belanda.

Musim panas 1941 tentara jepang mulai bergerak memasuki indocina atau vietnam. Melihat hal ini Presiden Roosevelt mengambil tindakan agar semua kekayaan dan asset Jepang yang ada di Amerika dibekukan, dan mengingatkannya agar tidak terus merambah ke selatan. Perang Dunia 2 tidak terelakkan lagi. Berikut ini akan di bahas mengenai Latar belakang perang dunia 2

Perang Dunia 2 dimulai dengan Jepang membombardir Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbor

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Perang Dunia 2 dimulai – kronologi perang dunia 2, perang dunia 2 asia pasifik.

Akan tetapi pimpinan tentara Jepang telah menentukan bahwa negerinya tidak mampu memenangkan perangnya dengan Amerika, tanpa menghancurleburkan kekuatan angkatan lautnya yang berada di Hawaii.

Perang Dunia 2- Hari minggu pagi tanggal 7 desember sementara sebagian besar anggota angkatan laut Amerika Serikat yang berpangkalan di Pearl Harbor, Hawaii masih terlelap tidur. Angkatan laut Jepang telah mendekati mereka dalam keadaan kegelapan. Diatas geladak kapalnya terdapat pesawat pesawat pemburu dan pembom tak kurang dari 189 buah, segera menyerbu Pearl Harbor dari dua arah. Perang Dunia 2 membawa kehancuran, duka dan pilu bagi semua keluarga.

Perang Dunia 2 -Tidak lebih dari 2 jam berikutnya tentara Jepang telah melumpuhkan jantung Angkatan Perang Amerika. Dipasifik 5 buah kapal perang dihancurkan, 19 kapal lainnya terpukul hancur, padahal didalamnya terdapat tak kurang dari 1086 opsir AL Amerika Serikat. Sementara di pangkalan udara lebih dari 237 tentara Amerika gugur.

Perang Dunia 2 – Hari berikutnya pada tanggal 8 desember 1941 Amerika menyatakan dengan resmi dimulainya perang melawan Jepang. Hari berikutnya Jerman dan Italia menyatakan perang melawan Amerika.

Perang Dunia 2- Pada saat itu jepang telah menyiapkan 6 juta tentara untuk diterjunkan di peperangan. Sedangkan Amerika menyiapkan 1 juta tentara yang terpilih dan terlatih. Angakatan laut Jepang pada saat itu tergolong no 3 di dunia. Angkatan Udara Jepang telah sangat lengkap dikawasan asia pasifik.Sedangkan AL Amerika telah menjadi sangat kuat di dunia, Tetapi industri persenjataan Amerika cukup maju dan siap memenuhi  kebutuhan peralatan dan suplai suplai lainnya.

Perang Dunia 2- Setelah penyerangan Jepang di Pearl Harbor yang gemilang, Jepang melanjutkan penyerangan pos pos penting Amerika di Asia tenggara, pulau Guam, Pulau wake, pangkalan kunci AS di pasifik tengahpun diserbu dengan cepat.Bahkan pada waktu yang sama Filipina juga dihujani dengan atom untuk persiapan invasinya lebih jauh lagi.

Pada tanggal 10 desember, tentara Jepang mendarat di Pulau Luzon, pulau yang berada paling utara kemudian merebut Manila ibu kotanya. Berlanjut ke pulau Mindanao dan pulau pulau sekitarnya.

Tentara Amerika yang dipimpin oleh Jenderal mac Arthur dan tentara filipina berusaha mempertahankan Semenanjung batasan secara ketat, sedangkan tentara Amerika yang didalam kota mempertahankan benteng Corrigidor dan benteng benteng lainnya.

Musim dingin tahun 1942, mereka yang mempertahankan perbatasan terpaksa meninggalkannya, karena menderita kelaparan, demam dan kehilangan bantuan.

Sementara itu pada 7 desember 1941 bersamaan dengan pengumuman perangnya Inggris. Jepang memasuki Hindia belanda atau Indonesia dengan terlebih dahulu menundukkan Malaya dan Hongkong.

Efek kerusakan Perang Dunia 2 di Malaya – Singapura yang berada di semenanjung Malaya memang mempunyai AL dan persenjataan yang kuat di Timur Jauh. Namun semuanya harus terkubur karena serbuan mendadak dari Jepang. dengan memasuki hutan lebat tentara Jepang menyapu daratan Malaya dari utara hingga selatan sepanjang 1000 km hanya dalam waktu 67 hari. lalu pada tanggal 15 feb 1942 Singapura jatuh dan sekitar 70 orang dipenjarakan.

Perang Dunia 2- Inggris juga menderita kekalahan di Laut. Ketika meninggalkan Singapore  kapal perangnya Rapsule dan Prince of Wales ditenggelamkan pesawat pembom Jepang.

Perang Dunia 2- Sebelum itu Jepang telah berhasil menduduki bangkok, ibukota Thailand.uga memaksa negara tersebut untuk menandatangani perjanjian. Dari sana Jepang juga berhasil menduduki Burma. Dengan jatuhnya burma, India merasa khawatir. Ia merasa terncam. Suatu armada laut Jepang bahkan telah memasuki tanjung bengali dan mulai mengebom Kolombo, Ibu kota Srilangka. Untuk mempertahankan India tentara Inggris memukul mundur Jepang yang sudah berada dimana mana.

Perang Dunia 2- Jepang telah menyerbu dan menduduki Filipina, Malaya, Burma juga mulai menduduki Hindia belanda. Pertempuran seru di Laut Jawa. Sekutu dibawah pimpinan Admiral Karel Doorman dihancurkan oleh tentara Jepang dengan kekuatan angkatan lautnya. Pulau Jawa pun jatuh berlanjut ke Pulau sumatera.

Perang Dunia 2- Dari Pangkalannya di Kepulauan Marshall dan Karolina di Pasifik Tengah Jepang mendesak terus memasuki Kepulauan Solomon dan Gilbert, serta kepulauan Bismark di timur laut Australia. Ditempat lain Jepang mendaratkan pasukannya di Britania baru dan Irlandia baru. Bulan maret 1942 Jepang mulai memasuki Nugini.

Perang Dunia 2 – Selama setengah tahun sekutu menderita dan mengalami kekalahan yang telak tetapi mereka tetap berusaha untuk bertahan, sekalipun Jepang sudah mencapai kemenangan pada puncaknya.

Sementara itu pada tahun 1942 perang berkecamuk juga di Afrika utara dan eropa. Perang dunia kedua di eropah

Akhir Perang Dunia 2 yang Hanya Membawa kehancuran pada Rakyat

Saat Perang Dunia 2 berlangsung sekitar 77 ribu tentara Amerika gugur, Jerman kehilangan 120 ribu orang, 1600 pesawat terbang, 700 buah tank dan sejumlah kendaraan besar lainnya, akibat perang dunia 2

Bulan Juni tanggal 15 marinir marinir Amerika menghancurkan Angkatan laut Jepang. dua hari kemudian mereka membuat serangan final, menakhlukkan wilayah Jepang diujung paling selatan.

Perang di Okinawa memang merupakan perang darat yang terakhir dalam Perang Dunia 2. Sekitar 50 ribu  orang menjadi korban. Kapal tenggelam 36 buah dan yang hancur ada 368 buah. Sedangkan pesawat Amerika yang hancur ada 763 buah. Kemunduran yang terjadi karena Perang dingin, perang dunia ii.

Dipihak jepang sendiri 120 ribu orang meninggal, 7400 dipenjara. Jepang kehilangan 7800 pesawat terbang dan 16 buah kapal. Perang dunia ii di asia pasifik ini membawa malapetaka bagi yang menang ataupun kalah.

Setelah perang okinawa selesai. Kisar Hirohito bertanya kepada dewan apakah tidak sebaiknya menyerah saja. Sejarah perang dunia ii

Pada 16 juli 1945 para Sekutu bertemu di Poatdam, Jerman membicarakan bagaimana perdamaian harus dilakukan. Bom atom pertama telah diledakkan di Meksiko. Hasilnya dirahasiakan oleh pemerintah AS, kecuali pada mereka yang erada di Poatdam. Lalu diputuskan agar dua buah bom atom yang sama di jatuhkan ke Jepang supaya cepat menyerah.

Perang Dunia 2 -Tanggal 26 Juli ultimatum dilancarkan pada Jepang. Tetapi jepang menolak. Sebagai akibatnya tanggal 6 agustus 1945 pagi pagi pesawat Amerik B-29 muncul diatas kota Hiroshima Jepang , menjatuhkan bom atomnya. Hingga ledakan dasyatpun tak terelakkan lagi. Dengan demikian kota Hiroshima mengalami kerusakan yang amat hebat. Juga menelan setengah jumlah jiwa penduduk kota. Sekitar 320 ribu jiwa tewas. 4,4 mil persegi terbakar dan menghancurkan 62 ribu gedung, rumah dan keseluruhannya mencapai 90 ribu buah.

Dua hari kemudian bom atom lainnya dijatuhkan lagi di Nagasaki, yang menewaskan 40 ribu orang dan sejumlah lainnya luk aluka. Unisoviet menyatakan Jepang akan mengalami keruntuhan. Oleh sebab itu mengumumkan perang dan memasuki Manchuria yang sebelumnya diduduki tentara Jepang.

Tanggal 10 agsutus pemerintah Jepang mengumumkan penyerahan, yang berarti menerima kesepakatan sekutu di Postdam 26 Juli lalu.

Semua kekuasaan yang ada ditangan kaisar berpindah tangan ke Sekutu. Tanggal 14 agustus Kaisar menerima kenyataan ini dan sejak itu Perang Dunia 2 dinyatakan usai……………

Dimana mana dengan dalih dan alasan apapun perang selalu membawa bencana bagi kedua belah pihak! Perang Dunia 2 haruslah menjadi perang terakhir didunia ini…..

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)