Sejarah Singkat Keteladanan Nabi Muhammad SAW bin Abdullah

Muhammad Bin Abdullah adalah pembawa risalah, pembangun umat, dan pendiri sebuah kedaulatan negara. Nabi Muhammad menyampaikan risalahnya di kota Mekkah pada tahun 610 Masehi. Hingga hari ini risalahnya telah diikuti oleh banyak penduduk muslim dunia yang terdiri dari bermacam suku dan ras. Bahkan sebuah pemerintahan kecil yang didirikan oleh Nabi Muhammad di Kota Madinah pengaruhnya menyebar ke seluruh pelosok jazirah arabia sebelum beliau meninggal dunia hingga satu abad setelah nya dan menjadi sebuah imperium besar pada abad pertengahan. Sebagai keturunan nabi muhammad, hendaklah kita teladani jejak jejak beliau agar kita selamat dunia akherat. Berikut ini riwayat nabi muhammad saw

Sepak terjang Nabi Muhammad dalam menyatukan Islam

Selama 20 tahun Nabi Muhammad telah mampu menyingkirkan semua bentuk kerusakan umat manusia, menyatukan suku suku yang terpecah belah menjadi bangsa arab yang bersaru, dan meletakkan keimanan sebagai pengikat tali persaudaraan antara kaum muslim dengan saudaranya.

Menurut ajaran agama yang beliau bawa, manusia bertindak sebagai wakil kekayaan dan harta bendanya. Bahkan orang fakir juga memiliki hak dalam harta kekayaan tersebut. Firman Allah SWT :

Az Zariyat 51 : 19 “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian”.

و َفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Nabi Muhammad meletakkan kembali berhala berhala ke tempat asalnya yaitu kedalam tanah dan mengajak kembali kaumnya untuk menyembah Allah yang tiada sekutu bagiNYA, diatas bumi, langit dan semua materi yang ada. Nabi Muhammad mengembalikan kembali hak hak kaum wanita yang terampas pada zaman zahiliyah, menurut Beliau kaum wanita mempunyai hak yang sama dengan laki laki dalam menjalankan ibdah, melakukan kegiatan sosial dan dalam hal hal lainnya.

Nabi Muhammad tidak pernah membedakan bangsa arab atapun bukan, yang kaya ataupun miskin, antara yang putih ataupun hitam, antara satu golongan dengan golongan lainnya, antara barat dan juga timur. Nabi Muhammad tidak pernah terpengaruh oleh ras dan kebangsaan ketika menyampaikan ajarannya. Ajaran beliau mengajarkan bahwa manusia itu bersaudara: Orang putih adalah saudara orang hitam, laki laki adalah saudara perempuan, orang kaya adalah saudara orang miskin, dan raja adalah saudara rakyat jelata.

Nabi Muhammad tidak pernah mengajarkan kepada pengikutnya yang bertakwa untuk enjauhi dunia. Nabi Muhammad menginnginkan agar pengikutnya menjadi satu kekuatan untuk memberantas kejahatan serta menjadi jalan bagi kebaikan. Dia mengajari pengikutnya agar hidup harmonis dengan orang yang ada disekitarnya. Nabi Muhammad menginginkan agar umatnya bertakwa kepada Allah, tetapi tidak melupakan unsur dunia mereka. Mereka boleh berdagang tetapi tidak melupakan shalat.

Bagaimanakah sebenarnya sosok Nabi Muhammad

Nabi Muhammad sendiri adalah sosok teladan yang paling baik dalam mitos maupun realitas. Dia berangan angan mewujudkan masyarakat yang lebih baik daripada masyarakat jahiliyah yang Beliau sendiri hidup pada zaman itu.

Nabi Muhammad sangat berani menghadapi tuntutan yang diperlukan dalam dakwahnya, bahkan beliau pernah mengalami satu siksaan yang harus dihadapinya.

  • Jika gagal dalam satu langkah beliau ambil langkah lainnya.
  • Jika ada keluarga yang memisahkan diri darinya , Nabi Muhammad tak merasa gentar.
  • Jika tentaranya kalah dalam peperangan , Beliau tetap tabah dan berani.
  • Ketika kemenangan dalam suatu peperangan diperoleh Beliau mampu mengendalikan nafsu dan kekerasannya sesuai dengan kedudukannya sebagai pemimpin negara.

Padahal sejarah belum pernah menyebutkan seorang pemimpin yang berhasil menguasai suatu wilayah tanpa memporak porandakan seisi kota bahkan  membunuh semua penduduknya demi melampiaskan dendam dan amarah.

Sejarah Singkat Keteladanan Nabi Muhammad SAW bin Abdullah
Nabi Muhammad bukanlah sosok yang demikian. Beliau  mengingatkan orang akan ajarannya, Beliau memberikan petunjuk jalan terbaik yang harus dilalui untuk mencapai tujuan dan beliau amat senang jika orang berhasil melakukannya.

Jika Nabi Muhammad pernah menyuruh menghancurkan berhala di kota Mekah, hal itu bukan berarti bahwa orang quraisy itu sebagai penyebab kesengsarannya ” Pergilah , karena sesungguhnya kalian adalah orang orang yang terbebaskan”

Nabi Muhammad senantiasa membuka pintu maaf untuk mereka sekaligus menjadikan mereka sebagai kekuatan andal yang berkhidmat kepada agama dan umat yang baru. Nabi Muhammad telah memerikan contoh dan teladan yang sangat indah. Beliau menggabungkan antara kekuatan dan kasih sayang, antara kekerasan dan ampunan. Beliau senantiasa menganjurkan keharmonisan.

Nabi Muhammad berhasil mengendalikan urusan umatnya, sekaligus mengarahkan mereka kearah kehidupan dunia dan suasana keruhanian umatnya yang belum pernah dicapai oleh nabi nabi sebelumnya. Sungguh semua ini adalah mukjizat nabi muhammad.

Shalawat nabi muhammad dan makam nabi muhammad

 

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)