Surat al waqiah dan Keistimewaannya

Surat al waqiah dengan segala keistimewaan, keutamaan dan kelebihannya.

Semua yang ada dalam Alquran memiliki kelebihan dam keutamaan yang sangat besar, karena Alquran merupakan kalam Allah yang diturunkan melalui nabi Muhammad sebagai mukjizat besar tanpa tertandingi sebagai petunjuk bagi yang meyakini, juga sebagai penyempurna dari kitab kitab sebelumnya. Dari bukti ini, sungguh Allah tidak membedakan atau memilih milih tentang kelebihan dan keutamaan setiap surat atau ayat dalam Alquran.

Allah berfirman :

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِي الأَرْضِ وَلاَ طَائِرٍ يَطِيرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلاَّ أُمَمٌ أَمْثَالُكُم مَّا فَرَّطْنَا فِي الكِتَابِ مِن شَيْءٍ ثُمَّ

إِلَى رَبِّهِمْ يُحْشَرُونَ

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan (Q.S. al-An’aam:38)

Memahami dengan sungguh sungguh Surat al waqiah maka akan menemukan keutamaan dan fadhillah surat tersebut

Dalam menafsirkan ayat diatas, ahli tafsir mengatakan bahwa isi Alquran telah ada pokok pokok agama, norma, hukum ,hikmah dan pimpinan untuk kebahagiaan makhluk pada umumnya. hanya manusia yang tidak mengkajinya secara mendalamlah yang tidak dapat menemukan keutamaan dan fadhillah surat surat yang ada dalam Alquran. Namun bagi mereka yang mau menggali Alquran secara cermat dan mendalam serta bersungguh sungguh , maka dirinya akan merasakan sesuatu yang sangat luar biasa didapat dari sisi batin Alquran.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi yang diriwayatkan dari Aisyah bahwa Nabi Saw, ketika ada seorang wanita yang sedang diobati dan dibacakan ruqyah, lalu Nabi Muhammad bersabda kepadanya :

Obatilah dengan kitab Allah (Alquran)” (HR. Muslim)

Dari hadist tersebut dapat dipahami bahwa Rasulullah saw sendiri tidak menyebut ayat atau surat tertentu untuk mengobati dengan bacaan ruqyah. Sebab, denikian jelas bahwa Alquran seluruhnya adalah obat untuk penyakit fisik, mental dan spiritual. Karena itu barang siapa yang dapat istiqomah membaca Alquran secara sempurna, maka dirinya akan mendapat anugerah, karunia dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Allah SWT berfirman :

يُؤتِي الْحِكْمَةَ مَن يَشَاءُ وَمَن يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْراً كَثِيراً وَمَا يَذَّكَّرُ إِلاَّ أُوْلُواْ الأَلْبَابِ

“Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).”

Demikian pula apabila ada sebagian kaum muslimin mau mengistiqomahkan membaca Surat al waqiah dimalam hari secara terus menerus, maka dirinya akan terhindar dari penyakit fakir.

Keutamaan surat al waqiah, Rasulullah Saw sangat menganjurkan untuk selalu membaca Surat al waqiah pada tiap malam karena fadhilah yang terdapat dalam surat tersebut sungguh melancarkan jalannya rejeki, sehingga yang mengamalkan akan terhindar dari kefakiran. Demikian manfaat surat al waqiah dan khasiat surat al waqiah.

Kisah menarik tentang fadhillah Surat al waqiah

Bacaan surat al waqiah

Dalam kitab Majmu’latiif ada sebuah kisah menarik tentang fadhillah Surat al waqiah, Yakni Pada saat utsman bin afffan mendatangi Abdullah bin mas’ud ia bertanya,

“Sepertinya engkau sedang sakit , apa yang sedang engkau derita wahai Abdullah?”

“Dosa dosaku” Jawab Abdullah datar.

“Lalu selama ini apa yang engkau sukai wahai Abdullah?” tanya Utsman lagi.

“Rahmat Tuhanku ,” jawab Abdullah

Singkat cerita , Utsman kemudian menawarkan jasa untuk mengumpulkan dana guna diberikan kepada putra Abdullah. tetapi Abdullah menolak,

“Aku tidak takut putra putraku akan terjatuh dalam lubang kemiskinan, karena sesungguhnya aku telah memerintahkan semua anakku untuk membaca Surat al waqiah pada tiap malam. Dan itu yang aku dengar dari sabda Raulullah saw yang berbunyi ”

“Barang siapa yang membaca Surat al waqiah tiap malam maka ia tidak akan fakir Jelas Abdullah terhadap Utsman.

 

Sumber: Keistimewaan Surat al waqiah

 

Comments

comments

2 Comments

  1. harlan November 10, 2014 Reply
  2. nina afianty November 14, 2014 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)