Takdir Allah – Ketika Kita Ridha dengan Segala Ketentuan-Nya

Takdir Allah – Ketika Kita Ridho dengan Segala Ketentuan-Nya

Tak ada seorangpun didunia ini yang bisa melepaskan diri dari musibah, masalah, kemalangan dan penderitaan. Hadapilah semua itu dengan keikhlasan dan keridhaan. Yakinilah Keadilan-Nya dan kebijaksanaan-Nya dalam setiap ketetapan-Nya. Kemudian percayalah, bahwa kasih sayang-Nya dan rahmat-Nya tidak akan membuat anda tersiksa dan sia sia.

Rasulullah bersabda :

Jika Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan mengujinya. Barangsiapa yang ridha, maka Dia akan ridha .Dan barang siapa yang murka, maka ia juga akan mendapatkan kemurkaan.”(HR. Turmudzi)

Ridho dengan takdir allah hanya dimiliki oleh seorang mukmin yang selalu bersyukur kepada Allah baik dalam keadaan dia senang atau keadaan menderita.

Takdir Allah – Hakikat keridhaan

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Ridho atas takdir Allah,

Berikut ini adalah pendapat beberapa ulama tentang keridhaan.

Ibnu ‘Ajibah – Rahimahullah – berkata ” Keridhaan adalah menghadapi berbagai musibah dengan wajah tersenyum atau kebahagiaan hati ketika turunnya qadha Allah atau tidak mencela-Nya terhadap apa yang terjadi di masa lalu atau berlapang dada dan tidak mengingkari apa yang berasal dari Zat yang Maha Esa lagi Maha perkasa.”

Al’Alamah al-Barkawy – Rahimahullah – berkata,” Kebahagiaan jiwa menghadapi musibah yang menimpanya dan kehilangan yang menerpanya, serta tidak ada perubahan dalam jiwanya.”

Al-Muhasiby – Rahimahullah – berkata .”Ketenangan hati dibawah ketetapan hukum Illahi”

Demikianlah pengertian ridho pada takdir allah yang diambil dari beberapa pendapat ulama terkenal.

Takdir Allah

Takdir Allah – Fadhilah yang akan anda dapatkan jika Ridha dengan ketentuan-Nya

Menerima takdir allah dengan redho, maka fadhilah yang bisa anda dapatkan antara lain :

1. Menjadikan anda manusia paling kaya

Ketika ridho dengan ketentuan-Nya maka anda akan menjadi orang paling kaya didunia ini. Kekayaan yang dimaksud bukanlah materi yang berlimpah akan tetapi kaya hati dan jiwa. Hidup kita akan selalu bahagia, tak pernah ada lagi keluh kesah dan gelisah. Seberapa besar cobaan yang anda alami anda tetap tenang menghadapinya. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah :

Ridholah dengan bagian yang diberikan Allah untukmu, maka engkau akan menjadi manusia paling kaya.”

(HR. Turmudzi)

Dalam riwayat lainnya dijelaskan :

Kekayaan itu bukanlah dengan memiliki banyak barang, akan tetapi dengan kekayaan jiwa.”(Muttafaq ‘Alaihi)

2. Mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat.

Ketika anda ridho dengan ketentuan-Nya maka anda akan mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat, sebagaimana halnya kemurkaan yang justru akan membuat anda semakin terpuruk dalam kesedihan dan kesusahan. Sesuai dengan sabda Rasulullah yang artinya :

Diantara kebahagiaan anak Adam adalah keridhaannya dengan Qadha Allah dan diantara kesengsaraannya adalah tidak memohon petunjuk-Nya dan marah dengan qadha-Nya.” (HR. Turmudzi)

 

 

Sumber gambar :Allah.org – menerima takdir allah

 

 

 

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)