Tips Mengatasi Masalah dan Musibah Menurut Ajaran Agama Islam

Tidak ada seorang pun yang ada di muka bumi ini yang bisa menghindar dari masalah dan musibah. Siapapun dia apapun yang dia kerjakan selama dia masih hidup maka masalah akan selalu ada. Tinggal bagaimana cara kita menghadapinya maka hasil untuk tiap orang akan berbeda pula.

Tips Mengatasi Masalah cinta atau masalah apapun menurut ajaran islam. Jika anda sedang menghadapi masalah yang besar. Masalah yang menurut anda rumit dan anda merasa hampir tak ada jalan keluar maka resapi dan lakukan  beberapa hal dibawah ini yang akan membantu anda bisa menerima dan lebih tenang menghadapi masalah apapun itu….

5 Tips Mengatasi Masalah hidup anda

Ada 5 tips mengatasi masalah yang berat  yang akan dibahas antara lain :

1. Dengan bersabar

Kunci dalam kehidupan ini adalah sabar, jika anda bisa sabar maka anda akan lepas dari segala keluh kesah  dan kesedihan. Karena menurut anda setiap masalah akan berubah menjadi ladang berkah. Seperti yang diriwayatkan oleh HR. Muslim berikut ini:

cara CEPAT-KURUS-LANGSING-3-HARItombol-Beli-Sekarang FIFORLIF

Menakjubkan perkara seorang mukmin, seluruh perkaranya adalah kebaikan. Dan itu tidak akan dialami, kecuali oleh seorang mukmin. Jika ia ditimpa kebaikan, maka ia bersyukur dan itu lebih baik baginya. Dan jika ia ditimpa keburukan, maka ia bersabar dan itu lebih baik baginya” (HR. Muslim)

Jika anda kehilangan seseorang yang anda cintai, yang lebih dulu pergi meninggalkan anda misalnya istri atau suami, orang tua, anak, saudara dll, maka janganlah terlalu larut dalam kesedihan. Toh semua orang akan kembali kepaa-Nya hanya waktu yang membedakannya. Allah SWT telah mempersiapkan gantinya untuk anda sebagaimana firmannya dalam hadist Qudsi :

Balasan bagi hamba yang beriman disisi-Ku apabila aku mengambil sahabatnya dari penduduk dunia, kemudian ia mengikhlaskannya adalah surga .“(HR. Bukhari)

Jika anda kehilangan kedua mata anda sehingga anda tak lagi dapat melihat dunia dan seisinya maka janganlah larut dalam kesedihan mendalam karena Allah akan memberikan ganti yang lebih baik bagi anda di surga kelak, sebagaimana firmannya dalam hadist Qudsi :

“Barangsiapa yang kehilangan dua kekasihnya (dua matanya) kemudian bersabar dan ikhlas, maka Allah SWT hanya akan ridha jika surga sebagai balasannya. “(HR. Turmudzi)

Tips mengatasi masalah rumah tangga – Jika anda selalu merasa kekurangan dan kesulitan dalam mencari rejeki sehingga anda hidup dalam kemiskinan ,maka janganlah bersedih. Allah telah mempersiapkan bagi anda keutamaan lainnya yaitu ketika anda memasuki Surga-Nya lebih dahulu dari orang orang kaya pada saat ini. Sebagaimana sabda Rasulullah ”

“Kaum fakir dari kalangan kaum muslimin akan memasuki surga sebelum orang orang kaya diantara mereka selama setengah hari yaitu 500 tahun.“(HR. Turmudzi)

Selalu ingat dan percayalah bahwa kesengsaraan yang saat ini anda alami akan digantikan dengan yang lebih baik oleh-Nya. Jangan terlalu larut dalam masalah tersebut karena hanya akan merusak tubuh dan pikiran anda sehingga kehidupan yang mestinya dilalui dengan indah dan syukur akan semakin penuh derita.

Tips mengatasi masalah sesuai ajaran islam2. Hadapi semuanya dengan senyuman

Tips mengatasi masalah yang rumit- Jika anda sedang mengalami masalah maka Dengan tersenyum  akan memadamkan kesedihan yang ada dalam hati anda. Contohlah Rasulullah yang senantiasa tersenyum setiap hari sebesar apapun masalah yang beliau hadapi. Ini sesuai dengan sabdanya :

Senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah.”(HR. Tirmidzi)

Ahmad amin Rahimahullah mengatakan :

Orang orang yang tersenyum dalam menghadapi kehidupan, tidak hanya menjadi manusia paling bahagia bagi dirinya sendiri, namun mereka akan lebih mampu bekerja, lebih kuat memikul tanggung jawab, lebih tegar menghadapi berbagai musibah dan mengatasi berbagai kesulitan, serta lebih mampu melaksanakan perkara perkara besar yang memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri dan orang lain.”

3. Berusaha untuk selalu berbaik sangka kepada Allah

Jika anda menghadapi masalah atau musibah jangan pernah sekalipun berburuk sangka kepada-Nya. Yakinlah bahwa semua masalah yang anda alami bisa saja untuk kebaikan anda kedepannya. Sesuai firman -Nya dalam hadis Qudsi :

Aku sesuai dengan dugaan hamba-Ku terhadap-Ku. Jika ia berbaik sangka terhadap-Ku, maka itulah untuknya. Dan jika ia berburuk sangka kepada-Ku , maka itulah untuknya.” (HR. Imam Ahmad)

Anda tidak akan pernah tahu sampai kapan anda hidup didunia, jangan sampai kehidupan anda berakhir dengan keadaan berburuk sangka kepada-Nya, karena akan memuluskan jalan anda ke neraka. Ini lah yang harus ditakuti setiap muslim.

Tiga hari sebelum kematiannya, Rasulullah bersabda :

Janganlah salah seorang diantara kalian meninggal kecuali dalam keadaan berbaik sangka kepada Allah.”(HR.Muslim)

4. Dalam kesusahan pasti ada kemudahan

Tips mengatasi masalah yg berat- Semua musibah dan masalah yang menimpa anda tidak akan abadi selamanya, ingatlah baik baik bahwa roda kehidupan selalu berputar. Jika anda gagal maka tak lama lagi anda akan meraih kesuksesan, jika anda sakit maka insyaallah anda akan segera sembuh. Jangan pernah takut, badai pasti berlalu.

Jika musibah atau masalah telah mencapai puncaknya maka ia akan turun sedikit demi sedikit seperti matahari ada di titik puncaknya pada siang hari  maka lama kelamaan akan turun kesebelah barat menuju peraduannya.

Allah berfirman :

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.(QS. Al-insyirah:5-6)

Firman Allah lainnya :

إِنْ يَمْسَسْكُمْ قَرْحٌ فَقَدْ مَسَّ الْقَوْمَ قَرْحٌ مِثْلُهُ وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَيَتَّخِذَ مِنْكُمْ شُهَدَاءَ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Jika kamu (pada perang Uhud) mendapat luka, maka sesungguhnya kaum (kafir) itupun (pada perang Badar) mendapat luka yang serupa. Dan masa (kejadian dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran); dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) dan supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.”(QS. Ali Imran :140)
5. Senantiasa bersyukur
Senantiasa bersyukur atas apapun yang anda miliki saat ini. Jika anda sedang menghadapi masalah bersyukurlah bahwa anda masih bisa menghirup udara yang segar dipagi hari, bersyukur karena anda diberikan kesehatan dan kenikmatan hidup. Cobalah untuk selalu melihat kebawah bahwa masih banyak orang yang kurang beruntung dari anda, lihatlah sesekali ke atas agar anda juga punya cita cita untuk hal yang lebih baik. Tapi jangan selalu melihat keatas karena pasti anda akan selalu merasa kurang …
Allah berfirman :
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”
(QS: Ibrahim Ayat: 7)

Tips Mengatasi Masalah – Contoh kisah kisah bahwa masalah juga bisa mendatangkan berkah

Tips mengatasi masalah

Rasulullah pernah bersedih karena mendapat pengusiran dari Makkah.

“Demi Allah, sesungguhnya engkau adalah negeri yang paling dicintai Allah dan paling dicintai Rasulullah . Jika bukan karena kaummu mengeluarkanku darinya, maka aku tidak akan keluar.”

Namun kesedihan itu tak berlangsung lama, beberapa tahun kemudian beliau kembali lagi bersama kaum muslimin lainnya untuk menakhlukkan Mekkah. Bilal yang pernah disiksa tuannya dapat mengumandangkan azan dari atas Ka’bah. Dan pada waktu itu tak ada seorang Quraisypun yang mampu berkutik, semua diam dan bisu.

Sumber gambar :hdwallpapersbackgrounds.com – Tips mengatasi masalah

Comments

comments

One Response

  1. anwar kusyadi February 4, 2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Matur suwun .. Tlg Jangan di copy content ini :)